Unit Kewirausahaan

A. Latar Belakang

Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi pada hakekatnya merupakan tindak lanjut dari program Penelitian dan Program Pengabdian kepada Masyarakat, yang selama ini telah dilaksanakan oleh berbagai perguruan tinggi melalui pendanaan dari Ditbinlitabmas Dikti. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan program penelitian dalam mewujudkan penguasaan Ipteks yang dibuktikan dengan bertumbuh-kembangnya beberapa konsep dan produk orisinal serta keberhasilan program pengabdian kepada masyarakat, yang dicirikan oleh antusiasme masyarakat dalam menanggapi hasil karya penerapan Ipteks yang dibutuhkannya, memberikan inspirasi kuat diselenggarakannya program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi.

B. Tujuan

Secara umum, Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi bertujuan:

  1. Menumbuhkembangkan budaya kewirausahaan di dalam lingkungan perguruan tinggi untuk mendorong terciptanya wirausahawan baru.
  2. Mendorong pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan menjadi perangkat yang dapat digunakan masyarakat dan bernilai komersial.
  3. Mewujudkan sinergi potensi perguruan tinggi dengan potensi industri/usaha kecil menengah sehingga dapat menumbuhkembangkan industri-industri kecil dan menengah yang mandiri.
  4. Meningkatkan peluang keberhasilan wirausaha baru melalui kegiatan pelayanan konsultasi terpadu.
  5. Mendorong akselerasi pemulihan ekonomi (economy recovery) Indonesia melalui penanggulangan kemiskinan dan penyediaan lapangan kerja dengan tumbuhnya wirausaha baru yang kuat, baik dari segi kualitas barang produksi dan jasa maupun dari pemasarannya.
  6. Menumbuhkembangkan kegiatan-kegiatan yang mendorong terwujudnya income generating unit di perguruan tinggi Indonesia dalam mengantisipasi diberlakukannya otonomi perguruan tinggi.

C. Kegiatan

  1. Percetakan buku dan fotokopi
  2. Penyediaan seragam mahasiswa dan dosen
  3. kantin
Pin It
Hits 2871