INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

GERAKAN NO BRA DAY DENGAN SEGALA KONTROVERSI DAN JUGA MANFAATNYA

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai Hari Tanpa Bra sedunia atau sering disebut No Bra Day. Hari sehari tanpa bra ini sering diartikan dengan hal yang berbau vulgar, terlebih di Indonesia yang masih menganggap gerakan ini sebagai hal yang tabu.

Namun sebenarnya Gerakan No Bra Day yang pertama kali diramaikan oleh sebuah platform situs di Perancis yaitu Boobstagram ini bertujuan untuk menyeruakan kesadaran akan bahaya kanker payudara bagi seluruh perempuan di dunia. Kemudian No bra Day menjadi salah satu kampanye untuk mencapai hal tersebut dengan cara pemeriksaan payudara, mengenali gejala kanker payudara, hingga mendorong perempuan untuk melakukan screening kanker payudara secara teratur.

No Bra Day ini sempat memimbulkan kontoversi yam dianggap mengeksploitasi tubuh perempuan dan juga dijadikan sebagai objek seksual. No Bra Day juga belum diakui secara resmi oleh WHO, namun gerakan ini sudah diperingati sejak tahun 2011. Menurut Scienttific American anggapan kanker payudara yang disebabkan oleh pemakaian bra itu tidak didukung dengan bukti yang cukup, karena seorang pria pun bisa mengalami kanker payudara. Meski masih menjadi kontroversi, No Bra Day merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kanker payudara.

Namun terlepas dari segala kontroversinya banyak sekali pesan positif yang dapat kita dapat mengenai pentingnya menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari kanker payudara. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan beberapa tips yang dilansir dari Thehealthsite.com seperti menggunakan BH dengan ukuran yang tepat agar tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar sehingga pas di tubuh, memperhatikan kebersihan payudara, menghindari tindik payudara yang akan menghambat proses menyusui dan juga memperbesar risiko infeksi, menghindari krim ataupun obat yang bertujuan untuk mengangkat dan mengencangkan payudara, melakukan pola hidup sehat dengan tidak mengkomsumsi alcohol dan juga merokok karena akan memperbesar risiko kanker payudara terlebih pada perempuan, dan yang terakhir melakukan pemeriksaan dini dengan mandiri maupun dengan screening payudara anda secara teratur. Itulah beberapa tips untuk mencegar kanker payudara.

Penulis : Tika Saputri
DAFTAR PUSTAKA :
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/13/114329820/sejarah-dan-tujuan-peringatan-hari tanpa-bra-sedunia?page=all diakses pada 16 Oktober 2020
https://idpost.co.id/apa-itu-no-bra-day-13-oktober-simak-arti-manfaat-dan-kontroversinya/ diakses pada 16 Oktober 2020
https://www.medcom.id/rona/kesehatan/Dkqj87WK-pentingnya-menjaga-kesehatan payudara diakses pada 16 Oktober 2020

Pin It
Hits 1068