INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Langkah-Langkah Pertolongan Pertama pada Orang Patah Tulang

  • By
  • In Lihat
  • Posted 10 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Patah tulang biasanya terjadi pada orang yang mengalami kecelakaan, olahraga dan tindak kekerasan. Patah tulang terjadi saat salah satu tulang menjadi retak atau pecah menjadi beberapa bagian. Patah tulang sendiri merupakan cedera trauma yang enggak jarang dijumpai. Perlu diketahui bahwa jika tidak ditangani dengan tepat, patah tulang ini amat berisiko dan bisa menimbulkan dampak yang fatal.

Mengenali Gejalanya

Berikut gejalanya menurut ahli dalam buku First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat.
• Korban mendengar bunyi patah tulang.
• Gerakan bagian tubuh yang terluka tidak normal.
• Bagian yang terluka terasa amat sakit, terutama ketika disentuh atau digerakkan.
• Bagian yang teruka sulit digerakan.
• Terlihat adanya perubahan bentuk.
• Bagian tubuh yang terluka terlihat membiru.
• Timbul rasa sensasi yang enggak enak pada ujung tulang tubuh terluka.

Pertolongan Pertama pada Orang Patah Tulang

1. Tidak Perlu Panik, Hubungi Petugas Medis

Menurut para ahli hal yang pertama mesti dilakukan adalah jangan panik. Karena rasa panik ini akan membuat keadaan makin kacau sehingga kamu tidak bisa berpikir dengan jernih. Kemudian barulah hubungi tim medis untuk meminta bantuan.

2. Jangan Pindahkan Korban

Jangan sekali-kali mencoba untuk memindahkan korban patah tulang, apalagi bila bagian yang terluka adalah kepala, leher, atau tulang belakang. Tunggulah sampai tenaga medis tiba untuk memindahkan korban. Jika korban memang harus dipindahkan demi keselamatannya, pastikan bagian yang terluka tidak bergeser atau bergerak saat proses pemindahan berjalan.

3. Stabilkan Korban

Salah satu cara untuk menstabilkan korban adalah dengan memasang spalk atau bidai kayu dengan membungkusnya dengan kain kasa atau kain lainnya pada bagian yang cedera. Hal tersebut bertujuan agar tulang yang patah tidak bergerak.

4. Bawa Korban ke Rumah Sakit

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, selanjutnya adalah membawa korban tersebut ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan dari ahli. Pasalnya, beberapa kasus patah tulang memerlukan tindakan penanganan khusus. Seperti pada cedera leher atau tulang punggung.

Penulis dan Editor: Ida Sholihatun Nisa’
Sumber:
Saputra, Sonny. 2019. Cara Melakukan Pertolongan Pertama pada Patah Tulang. Diakses dari web https://www.alodokter.com/cara-melakukan-pertolongan-pertama-pada-patah-tulang pada 10 April 2021
Redaksi halodoc. 2018. Jangan Panik, Inilah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang. Diakses dari web https://www.halodoc.com/artikel/jangan-panik-inilah-pertolongan-pertama-pada-patah-tulang pada 10 April 2021

Pin It
Hits 18071