INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Apa Itu Tremor?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 24 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Apa yang dimaksud tremor? Ya, tremor adalah penyakit gangguan gerak ditandai dengan bergetarnya bagian tubuh. Tremor bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja. Bagian tubuh yang paling terjadi adalah pada tangan. Pada 30% kasus, tremor bisa terjadi pada otot daerah kepala dan leher seperti di otot wajah, rahang, ataupun pita suara. Tremor disebabkan karena ada masalah pada area otak dimana mengatur gerakan otot tubuh. Adapun karena kondisi lain: stroke, multiple sclerosis, cedera otak, gagal hati atau ginjal. Sekarang apa saja jenis dari tremor?

Tremor Parkinson. Terjadi pada penderita Parkinson, umumnya terjadi pada usia 60 tahun ke atas. Tremor berawal dari salah satu tungkai atau bagian tubuh tertentu dan menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Tremor esensial. Perkembangannya relatif lambat dan butuh waktu bertahun-tahun hingga menjalar ke bagian tubuh lain. Studi mengatakan, tremor ini berhubungan dengan kondisi degenerasi serebelum (penurunan fungsi bagian otak yang mengontrol gerakan). Bersifat ringan hingga berat. Gejala: tangan gemetar saat beraktivitas, suara bergetar saat bicara, sulit berjalan.

Tremor serebelum. Terjadi karena adanya kerusakan otak kecil atau serebelum. Disebabkan: stroke, tumor, multiple sclerosis. Bisa juga akibat ketergantungan kronis alkohol dan pemakain obat jangka panjang.

Tremor ortotastik. Terjadi dengan cepat dan ditandai adanya kontraksi otot setelah berdiri. Mereda saat duduk atau mulai berjalan.

Tremor psikogenik. Tremor yang dipengaruhi kondisi psikologis. Dapat muncul dan hilang secara tiba-tiba dan lokasinya berubah-ubah. Penderita umumnya mempunyai gangguan mental.

Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan mengatasi tremor sebagai berikut: melakukan olahraga ringan, menghindari diri dan pikiran yang membebani agar tidak stres, mengurangi minuman mengandung kafein dan memperbanyak konsumsi air putih, tidur dan istirahat yang cukup.

Semoga bermanfaat..

Sumber:
Halodoc, Redaksi. 2019. Tremor. https://www.halodoc.com/kesehatan/tremor (Diakses pada 23 April 2021).
Agustin, Sienny. 2021. Kenali Tremor Beserta Penyebab dan Cara Penanganannya. https://www.alodokter.com/kenali-tremor-dan-penyebabnya (Diakses pada 23 April 2021).

Penulis : Ratna Dhelva I. W.
Editor : Titis Nurmalita

Pin It
Hits 9453