INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Perhatikan! Ini Dampak Buruk Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Lihat
  • Posted 25 February 2021

Di era yang serba digital seperti saat ini, tidak heran jika ponsel selalu melekat di kehidupan sehari-hari. Handphone memiliki peran multifungsi dalam mempermudah komunikasi dan pekerjaan. Namun di sisi lain, ada kekhawatiran mengenai efek radiasi handphone pada kesehatan.

Radiasi yang ditimbulkan lewat layar handphone dapat memberi dampak buruk bagi tubuh. Radiasi gelombang radio yang diterima dan dikirimkan oleh handphone dapat menyebar ke segala arah, termasuk tubuh. Radiasi handphone ini memang belum diketahui secara pasti efeknya pada kesehatan. Namun terdapat beberapa kemungkinan pengaruh radiasi handphone bagi tubuh, yaitu :

1. Otak kemungkinan akan mengalami kerusakan

Bahaya yang paling banyak disebutkan jika berbicara tentang dampak buruk bermain ponsel terlalu lama adalah terjadinya gangguan pada otak. Gelombang elektromagnetik yang ada pada ponsel memiliki kandungan radiasi yang mampu menembus ruang hampa hingga jaringan otak secara tegak lurus. Jika gelombang ini secara terus menerus menembusnya, hal ini dapat menyebabkan glikoma yang memicu munculnya sel otak akustik neuroma. Radiasi handphone yang berimbas pada otak ini akan mempercepat pertumbuhan neoplasma dari sel-sel yang tidak seharusnya berubah menjadi sel kanker aktif pada otak.

2. Insomnia atau gangguan tidur

Menggunakan handphone secara berlebihan dapat menyebabkan tidur terganggu atau lebih tepatnya insomnia berkepanjangan. Tidak hanya orang dewasa, banyak anak yang juga kecanduan memainkan handphone tanpa mengingat waktu. Penggunaan aplikasi pada ponsel dapat menimbulkan rasa gelisah, panik dan akhirnya berimbas pada jam tidur yang tidak teratur. Jika tidak dihentikan, gangguan tidur yang semula hanya biasa saja dapat berubah menjadi penyakit insomnia berkepanjangan yang sulit untuk dihentikan.

3. Sakit kepala berkepanjangan dan berulang

Sering meletakkan ponsel di dekat kepala saat sedang tidur? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini karena dapat menyebabkan terkumpulnya energi negatif RF yang mudah masuk ke dalam otak manusia. Jika energi ini masuk secara berlebihan, seseorang dapat mengalami keadaan seperti sakit kepala hingga muntah-muntah. Selain itu, tubuh akan terasa semakin tidak nyaman dan keadaan sekitar seperti berputar-putar. Bukan hanya sesekali, keadaan seperti ini bisa terus berlanjut dalam waktu yang cukup lama jika terus-menerus terkena radiasi ponsel.

4. Membuat tubuh mudah lelah

Sebagian besar pecandu ponsel tentu pernah mengalami keadaan dimana tubuh menjadi lebih mudah lelah dan sakit kepala dalam waktu yang cukup lama serta berulang-ulang. Radiasi yang dipancarkan oleh handphone ini dapat menyebabkan saraf yang ada di bagian kepala dan wajah menjadi tidak rileks atau tegang. Aliran darah juga akan menjadi terhambat dan tidak lancar sehingga cairan yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi berkurang. Kondisi seperti ini membuat tubuh menjadi kekurangan energi dan cepat lelah.

Jika Anda khawatir dengan risiko yang mungkin muncul akibat radiasi pada ponsel, ikuti tips berikut ini:

1) Jauhkan handphone dari tubuh ketika tidak digunakan.

2) Sebaiknya gunakan handphone hanya bila dibutuhkan saja.

3) Gunakan hands-free atau pengeras suara ketika menerima panggilan. Serta jangan menaruh handphone pada saku celana atau saku baju.

4) Disarankan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat, daripada menggunakan telepon untuk mengurangi pajanan radiasi.

5) Gunakan handphone pada saat sinyal kuat. Sinyal yang lemah membuat handphone menggunakan lebih banyak energi untuk berkomunikasi.

Itulah beberapa hal mengenai bahaya radiasi ponsel yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Mengingat banyaknya bahaya jika menggunakan ponsel secara berlebihan, sebaiknya tentukan batasan penggunaan ponsel setiap harinya dan jangan sampai dampak buruk dari radiasi ponsel dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda.

 

Penulis : Sabita Ibtisamah

Editor : Risky Nur Marcelina

 

Sumber :

Alodokter. 2018. https://www.alodokter.com/dampak-radiasi-handphone-pada-kesehatan (Diakses pada 24 Februari 2021).

Indra, Rizki. 2021. Waspada 5 Bahaya Radiasi Hp Bagi Kesehatan. https://www.lemonilo.com/amp/blog/waspada-5-bahaya-radiasi-hp-bagi-kesehatan (Diakses pada 24 Februari 2021).

Pin It
Hits 17744