Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNAIR Meraih Medali Emas Dalam PIMNAS Ke-30 Di Makassar

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 28 Agustus 2017

NERS NEWS: Suatu prestasi yang membanggakan telah di torehkan oleh mahasiswa Fakultas keperawatan Universitas Airlangga dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 30 Tahun 2017 yang dilaksanakan di Makassar dengan tuan rumah Universitas Muslim Indonesia (UMI) pada tanggal 23-26 Agustus 2017 lalu. Berdasarkan hasil seleksi yang di umumkan oleh Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI), Universitas Airlangga berhasil membawa 11 tim untuk berkiprah di UMI Makasar. Dari 11 tim tersebut, Medali emas berhasil dipersembahkan tim dari Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga yang diketuai oleh Ika Zulkafika Mahmudah (FKp) dengan anggota Teguh Dwi Saputro (FKp), Tutut Dwi Cahyati (FF), Inas Pramitha Abdini Haq (FKM) dan Sutra Mahardika (FPK) dengan judul “BILQIS (Bio Liquid Smoke): Pemanfaatan Asap Cair dari Kulit Siwatan sebagai Pengawet Ikan dalam Upaya menciptakan Peluang Usaha Baru Masyarakat Dusun Ngareng Desa Jatimulyo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban” pada kategori PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM) dibawah bimbingan Kristiawati, S.Kp., M.Kep.,Sp.Kep.An.

Ika dan tim telah melaksanakan kegiatan ini mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kurang lebih selama 5 bulan dengan mitra adalah kelompok remaja karang taruna yang sebagian besar belum bekerja. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah sosialisasi pemanfaatan limbah siwalan, peningkatan pengetahuan dan kemampuan kader Bilqis untuk memproduksi asam cair dari limbah siwalan dan menjadi peluang usaha baru bagi kelompok remaja karang taruna di Dusun Ngareng. Adapun potensi keberlanjutan dari kegiatan ini untuk meningkatkan perekonomian melalui kegiatan kewirausahaan dan sebagai desa percontohan dalam bentuk Desa Wisata Siwalan.
Kebahagian dirasakan oleh seluruh tim Universitas Airlangga dimana saat malam penganugerahan pemenang tim Bilqis dari FKp menyumbangkan satu medali emas untuk kategori PKM-M. Kerjasama, kerja keras tim Bilqis serta dukungan dari segenap civitas akademika Fakultas keperawatan Universitas Airlangga khususnya, akhirnya membuahkan hasil yang sangat memuaskan dan membanggakan serta dapat terus ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

Penulis: Kristiawati, S.Kp., M.Kep.,Sp.Kep.An
   

Pin It
Hits 1311

Terpopuler