INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pentingnya Konsumsi Air Putih dalam Diet Sehat

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Permasalahan yang kerap dijumpai dalam kehidupan anak muda khususnya, yaitu bagaimana cara mereka untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Saat ini, kerap dijumpai remaja yang gemar melakukan diet, baik demi mencapai bentuk tubuh impiannya, memperbaiki penampilan mereka suapaya tidak insecure katanya, maupun untuk mengubah hidup dengan pola hidup yang lebih sehat daripada yang sebelumnya. Salah satu hal yang mungkin belum semua orang ketahui bahwa konsumsi air bagi tubuh kita ini juga memiliki peran yang tidak main dalam kesuksesan program diet.

Air berperan besar dalam tubuh kita, buktinya 75% dari tubuh didominasi oleh air. Bagian otak tersusun 80% dari air dan tentunya akan berakibat fatal jika terjadi dehidrasi. Adapun fungsi yang dimilikinya, yaitu sebagai pelarut, penyusun struktur sel, katalisator proses enzimatis, pengisi ruang antar sendi, pengatur suhu tubuh, dan ekskresi sisa metabolisme. Kebutuhan air setiap individu berbeda antara satu sama lain, bergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, lingkungan, dan tingkat aktivitas. Belum ada data yang digunakan sebagai dasar perhitungan jumlah kebutuhan air tiap individu, sehingga Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) 2004 mengacu pada rekomendasi Filipina, yaitu untuk remaja dan dewasa (15-30 tahun) sebesar 40 ml/kg berat badan (BB).

Asupan air putih yang tubuh dapatkan dapat memengaruhi berat badan dan persen lemak dalam tubuh. Dennis el al, 2010 melakukan penelitian bahwa pemberian air putih 500 ml 30 menit sebelum makan selama 12 minggu terbukti efektif menurunkan berat badan dua klogram lebih banya daripada kelompok yang tidak minum air putih sebelum makan. Selain itu, air putih juga dapat membantu kerja sistem pencernaan agar lebih efisien dalam mengolah makanan, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak yang berujung pada kegagalan diet yang sudah direncanakan. Konsumsi air putih setidaknya 4 liter per hari dapat melarutkan lemak dan racun dalam tubuh, serta tidak ketinggalan juga dapat mengurangi rasa lapar. Anjurannya sendiri, konsumsi air putih dua gelas setelah bangun tidur juga dapat membantu menurunkan berat badan atas program diet sehat yang dijalani.

Dengan demikian, konsumsi air putih memiliki segudang manfaat. Terutama dapat membantu dalam pelaksanaan program diet sehat yang dijalani. Selain mudah untuk dilakukan, hal ini juga tidak membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup besar. Bagaimanapun, diet yang benar adalah yang tidak menyiksa badan. Dengan dimulai melalui konsumsi air putih, program diet akan tercapai dengan lebih mudah daripada yang dibayangkan.

Oleh :
Nindia Elisa Rahmatillah

Referensi :
Briawan, D., Sedayu, R. T., Ekayanti, I. 2011. Kebiasaan Minum dan Asupan Cairan Remaja di Perkotaan. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 8 (1), 36. https://core.ac.uk/download/pdf/298730673.pdf
Dennis EA, Dengo AL, Comber DL, Flack KD, Salva J, Davy KP, et al. Water Consumption Increases Weight Loss During a Hypocaloric Diet Intervention in Middle-aged and Older Adults. Obesity Journal. 2010 ; 18 ; 300-07.
Mulyasari, I., Muis, F.S., Kartini, A. 2015. Pengaruh Asupan Air Putih Terhadap Berat Badan, Indeks Massa Tubuh, dan Persen Lemak tubuh pada Remaja Putri yang mengalami Gizi Lebih. Jurnal Gizi Indonesia, 3 (2), 120-121.
https://media.neliti.com/media/publications/80594-ID-pengaruh-asupan-air-putih-terhadap- berat.pdf

Pin It
Hits 1892