INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Berpikir Positif Demi Menjaga Kesehatan Mental

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Di fase-fase kehidupan kita, pasti kita pernah merasa takut tentang hal yang belum terjadi atau ha yang sedang terjadi dan mengganggu pikiran kita. Pikiran negatif itulah yang menyebabkan rasa takut dan cemas tentang hal- hal yang belum kita alami. Pola pikir sangat berpengaruh terhadap kesehatan, salah satunya kesehatan mental kita. Jika kita berpikir positif, tentunya membuat kita lebih sehat, itu berarti kita dapat menghadapi stress yang ada pada diri kita dengan baik.

Saat kita sedang sakit, berpikir positif juga dapat membantu kita untuk lebih cepat sembuh, daripada berpikir negatif atau menyerah terhadap penyakit yang kita alami. Karena pada saat kita terus berpikir positif, kita pasti akan semangat menjalani pengobatan atau kita akan rajin dan tepat waktu untuk meminum obat. Sedangkan pada saat berpikir negatif, kita akan lebih pasrah dan kurang berjuang dalam melawan penyakit.

Berpikir positif adalah kunci utama dalam melawan stress. Berpikir positif juga menurunkan resiko depresi, membuat kita lebih kreatif dan konsentrasi. Dilansir dari laman alodokter.com orang yang berpikir positif lebih rendah untuk terserang penyakit jantung dan peradangan.

Dapat kita lihat saat ini banyak remaja yang mengalami depresi. Hal itu juga dapat disebabkan karena terlalu berpikir negatif tentang hal-hal yang belum terjadi ataupun yang sedang dialaminya. Seperti contohnya, remaja yang mengalami putus cinta. Kebanyakan mereka akan merasa galau dan cemas. Hal ini disebabkan karena mereka terlalu berfikir negatif tentang hal yang sedang dialaminya, yaitu putus cinta. Mereka berfikir bahwa “aku tidak bisa hidup tanpa nya” memikirkan hal-hal yang tidak penting itulah yang menyebabkan kesehatan mental mereka terganggu, mereka merasa takut jika ditinggal seseorang yang telah mereka sayang (pacar), mengapa? Karena mereka bingung apa yang akan mereka lakukan tanpa kekasihnya yang mungkin sudah menjadi mantan kekasihnya.

Putus cinta juga menyebabkan rasa insecure pada orang yang sedang mengalaminya, terlebih lagi seorang wanita mereka pasti akan berfikir apakah mereka jelek? Untuk itulah self love atau mencintai diri sendiri sangat diperlukan untuk menghindari rasa insecure atau kurang percaya diri. Pikiran yang positif dapat meningkatkan kepercayaan diri yang akhirnya membentuk relasi positif dengan orang lain.

Cara agar kita selalu berpikir positif, seperti, berbicara pada diri sendiri, mengambil hikmah atau sisi positif tentang hal yang menimpa kita, mengubah mindset kita, berteman dengan orang-orang yang positif, meditasi, relaksasi dan tentunya mendekatkan diri pada sang pencipta untuk meminta petunjuk-Nya.

Pin It
Hits 830