INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Lidah Buaya Tanaman Beribu Manfaat

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021

Lidah buaya merupakan tanaman yang mudah di temui di daerah kita. Banyak yang membuktikan bahwa lidah buaya termasuk tanaman obat tradisional dan dapat digunakan dalam dunia kecantikan. Meskipun bentuknya tidak menarik tetapi manfaatnya sangat banyak bagi dunia kesehatan, terutama dalam kesehatan tubuh kita. Selain kaya akan manfaatnya lidah buaya juga dapat di gunakan sebagai tanaman hias yang ada dirumah. Manfaat lidah buaya sebagai obat tradisional yaitu antara lain :

∙ Sebagai obat penurun panas

∙ Obat wasir

∙ Batuk rejan

∙ Mempercepat penyembuhan luka

∙ Melancarkan sistem pencernaan

∙ Sumber Vitamin C

Selain bermanfaat sebagai obat, lidah buaya juga dapat di gunakan sebagai bahan Hand Sanitizer. Dalam pembuatan ini lidah buaya akan di campur dengan alkohol sesuai takaran yang sudah di tetapkan. Manfaat lidah buaya dalam kecantikan yaitu antara lain:

∙ Dapat mengobati jerawat

∙ Mencegah kulit keriput

∙ Melembabkan kulit

∙ Membantu mengatasi kulit yang iritasi

∙ Penghilang komedo

Selain itu pemanfaatan lidah buaya dapat berfungsi sebagai anti inflamansi, antijamur, antibakteri dan regenerasi sel, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, dan dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung bagi penderita HIV AIDS. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya yaitu berupa bahan organik dan anorganik, yaitu vitamin, mineral, beberapa asam amino, serta enzim yang diperlukan untuk tubuh.. Selain itu lidah buaya juga mengandung zat bioaktif lainnya misalnya aloin sebagai antiseptik dan antibiotik, serta senyawa fenol sebagai antioksidan. Penggunaan lidah buaya dapat berupa gel(dalam bentuk segar) atau dalam bentuk bahan jadi seperti kapsul, jus, makanan dan minuman.

Dalam mengonsumsi dan menggunakan lidah buaya tidak boleh secara berlebihan, karena bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh kita. Sehingga dalam menggunakannya tetap harus memperhatikan kondisi dan keadaan yang ada di tubuh kita.

Daftar Pustaka :

P Widodo,U Budiharti. 2016. BERJUTA MANFAAT LIDAH BUAYA : Litbang.Pertania.go.id

S Suryaningsih. 2016. SABUN TRANSPARAN LIDAH BUAYA(Aloe Vera Linn) PERANAN DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN TUBUH : SEMINAR DAN BEDAH BUKU

Penulis : Tia Yustiani

Pin It
Hits 950