INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

MENJAGA MENTAL HEALTH DI MASA PANDEMI, SEBERAPA PENTINGKAH ITU?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi dimana individu terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental. Individu yang sehat secara mental dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang dengan menggunakan kemampuan pengolahan stres.

Menurut survey yang dilakukan oleh World Health Organization atau WHO, sekitar 20 persen anak-anak dan remaja di dunia mengalami gangguan dan permasalahan mental. Dan lebih dari 800.000 orang setiap tahunnya mati karena bunuh diri. Bunuh diri sendiri menjadi penyebab terbesar ke-2 kematian yang terjadi pada usia 15-29 tahun.

Jika ditinjau pada keadaan saat ini, pandemi virus Corona yang mewabah pada awal 2020 ini berdampak pada kesehatan mental di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan swaperiksa web PDKSJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia) per 14 Mei 2020, terdapat 69% dari 2.364 responden menderita masalah psikologis, antara lain cemas, depresi, dan trauma psikologis.

Prevalensi penderita gangguan jiwa akan terus meningkat selama wabah COVID-19, sehingga sekarang timbul suatu urgensi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan mental. Pada tanggal 10 Oktober lalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia 2020. Menyambut momen ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan peningkatan investasi untuk program pemeliharaan kesehatan mental, baik di level nasional maupun internasional. WHO menilai peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini memiliki makna khusus. Sebab, pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang, hampir dari semua kelompok umur di berbagai negara, terpaksa menjalani kebiasaan baru yang berpotensi meruntuhkan kesehatan mental.

Berikut ini merupakan tips menjaga kesehatan mental selama pandemi virus corona yang dapat anda lakukan yaitu salah satunya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan, lari kecil atau lompat di tempat, dapat Anda lakukan selama menjalani karantina di rumah. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman, dan rekan kerja Anda, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Anda bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan. Dengan cara ini, tekanan yang Anda rasakan dapat berkurang sehingga Anda bisa lebih tenang.

Kesimpulannya, kesehatan mental harus diperhatikan dan penting untuk dijaga. Terlebih pada saat masa pandemi saat ini. Banyak-banyaklah melakukan hal yang positif karena dapat mengurangi resiko stress, gangguan mental serta tekanan psikologi.

Penulis: Irma Devianti

Pin It
Hits 1558