INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cara Merawat Rambut agar Tetap Sehat

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021

Merawat rambut agar tetap sehat sama pentingnya seperti merawat kesehatan bagian tubuh lainnya. Rambut yang sehat akan terhindar dari berbagai penyakit di kulit kepala. Akan tetapi, masih banyak yang menyepelekan kesehatan rambut. Padahal, jika tidak merawat rambut dengan benar atau bahkan tidak merawatnya sama sekali justru dapat menimbulkan berbagai masalah di kulit kepala yang cukup mengganggu. Berikut adalah beberapa cara merawat rambut agar tetap sehat, yaitu:

1. Keramas secara rutin sesuai jenis rambut

Frekuensi keramas berbeda-beda tergantung pada jenis rambut seseorang. Namun, pada umumnya adalah dua hingga tiga kali dalam seminggu. Seseorang dengan rambut berminyak disarankan untuk rutin mencuci rambut supaya terjaga kelembabannya dan tidak terlihat lepek. Sedangkan pada seseorang yang berambut keriting harus menghindari keramas terlalu sering karena kelembabannya rendah sehingga akan mudah kering.

2. Gunakan sampo dan kondisioner yang cocok

Memilih jenis sampo dan kondisioner sesuai jenis rambut sangatlah penting. Hal ini dikarenakan jika tidak cocok dengan sampo tertentu akan membuat rambut semakin kusut, kering, kotor, atau bahkan rusak.

3. Rutin memotong ujung rambut

Ujung rambut merupakan bagian paling rentan bercabang dan mengalami keerusakan. Untuk menghindarinya, disarankan untuk memotong ujung rambut secara rutin setiap 10 hingga 12 minggu.

4. Pilih sisir yang sesuai

Penggunaan sisir yang salah dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala. Oleh karena itu, sanagat penting untuk memilih sisir sesuai jenis rambut. Sisir dengan gigi renggang dapat memudahkan orang dengan rambut ikal saat menyisir rambutnya. Sedangkan jika memiliki rambut bervolume atau tebal akan sangat cocok untuk menggunakan round brush.

5. Sisir rambut dengan benar

Cara menyisir rambut juga perlu diperhatikan agar kesehatan rambut tetap terjaga. Hindari untuk menyisir rambut langsung setelah keramas atau ketika rambut masih basah. Sedangkan untuk menyisir rambut yang kusut, gunakan sisir bergigi jarang untuk menguraikannya.

6. Lindungi rambut dari sinar matahari

Sinar matahari dapat membuat rambut semakin kering, kusam, bercabang, dan kekurangan nutrisi. Untuk menghindari rambut dari sinar matahari, gunakan topi atau payung ketika keluar rumah.

7. Gunakan masker rambut

Menggunakan masker rambut secara rutin dapat menutrisi rambut dan menjaga kelembaban kulit kepala. Jenis masker yang digunakan berbeda-beda tergantung jenis rambut masing-masing. Sebelum menggunakannya, lebih baik pahami kandungan dalam masker agar dapat menggunakannya sesuai jenis rambut.

8. Konsumsi nutrisi yang cukup

Merawat rambut juga diperlukan dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi nutrisi yang cukup. Zat gizi yang diperlukan, seperti protein, zat besi, zink, omega 3, vitamin A, B, C, D, dan E.

9. Hindari menggunakan catok dan pengering rambut

Alat catok dan pengering rambut dapat melemahkan rambut, terutama pada jenis rambut yang halus, kering, dan rapuh. Oleh karena itu, hindari penggunaan alat tersebut terlalu sering. Batasi penggunaannya dua hingga tiga kali satu minggu untuk memulihkan kondisi rambut.

 

Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/cara-merawat-rambut-agar-tetap-sehat-dan-bersinar.

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-merawat-rambut/?amp.

 

Penulis: Tiffani Nur Widya Andari

Editor: Naili Raudiatus Zahra

Pin It
Hits 6482