INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Jamur Enoki : Unik Namun membuat Penyakit ?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Jamur Enoki. Jamur yang berasal dari Negeri Gingseng ini banyak diminati karena tekstur dan bentuknya membuat orang penasaran untuk mencobanya, terlebih lagi jamur tersebut semakin melejit karena banyak sekali youtuber ASMR dan Foodbloger selalu menampilkan makanan tersebut dengan balutan bumbu khas Negeri Gingseng yang menggugah selera, juga kerap disajikan bersama Mie Ramen, Jamur Enoki memiliki tekstur garing dan kenyal serta gurih, sehingga menambah cita rasa pada makanan.

Beberapa bulan yang lalu, Jamur Enoki ini menjadi sebuah buah bibir para masyarakat karena dikabarkan jamur tersebut membahayakan kesehatan. Pasalnya panganan yang berasal dari Korea Selatan itu sudah ada dan biasa dikonsumsi di Indonesia sejak beberapa tahun lalu dan cukup digemari oleh masyarakat Indonesia sendiri. Jamur ini dikenal dengan berbagai nama seperti Enokitake, Tutu, Jarum Emas atau Jamur Lily. Diketahui dari berbagai kabar bahwa jamur berbentuk lidi tersebut terkontaminasi bakteri berbahaya yakni Bakteri Listeria Monocytogenes yang merupakan penyebab utama dari penyakit Listeriosis.

Jamur ini juga disebut-sebut menjadi penyebab 36 warga Amerika Serikat terjangkit Listeria. Bahkan beberapa diantaranya sampai meninggal dunia. Sehingga hal tersebut membuat Masyarakat khawatir akan kesehatan mereka karena telah terlanjur mengkonsumsi jamur tersebut.

Badan pengawas makanan dan obat AS memberikan saran, bagi siapa saja yang sudah terlanjut memakan Jamur Enoki produk Negeri Gingseng ini dan mengalami sakit bergejala Listeriosis agar secepat mungkin berobat ke dokter. Gejala Listeriosis sendiri antara lain demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri otot, leher kaku, mual hingga diare. Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan seseorang sakit parah hingga meninggal dunia, terutama bagi golongan yang rentan seperti balita, ibu hamil serta lansia.

Mendengar kabar berbahaya tersebut, Badan Ketahanan Pangan RI kemudian melakukan investigasi lalu menemukan importir di Indonesia yang memasok Jamur Enoki dari Korea Selatan itu dan kemudian pemerintah Indonesia melakukan sampling terhadap Jamur Enoki pada tanggal 21 April 2020 dan 26 Mei 2020.

Setelah melakukan berbagai uji sampling Jamur tersebut, akhirnya Badan Ketahanan Pangan Kementerian RI memutuskan segera memusnahkan Jamur Enoki dari peredaran. Semua produk Jamur Enoki berbahaya produksi Green Co Ltd, Korea, ditarik dan dimusnahkan dalam 2 gelombang. Penarikan jamur enoki sesuai dengan surat dari Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan kepada Direktur PT Green Box Fresh Vegetables nomor B-259/KN.230/J/05/2020 tanggal 18 Mei 2020.

Nah, sekarang kita sudah mentahui kan bahwa Jamur Enoki tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, dihimbau mulai saat ini kita harus lebih berhati-hati lagi apabila mengonsumsi sebuah makanan yang berasal dari luar negeri dan lebih diperhatikan lagi konsumsi produk tersebut sudah sesuai dengan standar uji kelayakan pangan dari pemerintah apa belum.

Pin It
Hits 4863