INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kenali Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Kita

  • By
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Banyak orang mengetahui bahwa madu memiliki berbagai manfaat, salah satunya bagi kesehatan. Ada banyak jenis madu yang dikenali masyarakat, salah satunya jenis madu hitam. Madu hitam umumnya memiliki rasa yang pahit. Madu hitam merupakan cairan yang dihasilkan lebah setelah menghisap nektar.

Ciri Khas Madu Hitam

Madu hitam berasal dari lebah hutan yang menghisap sari pohon mahoni. Dari segi rasa dan tekstur, madu hitam memiliki campuran rasa pahit manis dengan warna lebih pekat dibandingkan madu lain. Sedangkan dari gizi yang dikandung, madu hitam mengandung nutrisi yang lebih banyak dari madu biasa.

Segudang Manfaat Madu Hitam

Lalu apa sajakah manfaat madu hitam bagi kesehatan kita ?
1. Menurunkan kolesterol jahat
Madu hitam bermanfaat menurunkan risiko tinggi kolesterol dengan menstabilkan tingkat kolesterol dalam darah. Cukup dengan rutin mengonsumsi 2 sdm madu hitam setiap harinya.
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Madu hitam pahit memiliki kandungan antioksidan flavanoid yang cenderung lebih tinggi dari madu lainnya. Selain itu, madu hitam ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh.
3. Menyembuhkan gangguan pernapasan
Madu hitam ini dapat digunakan untuk penyembuhan infeksi pada gangguan saluran pernapasan, seperti asma. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan.
4. Meredakan gejala maag
Untuk meredakan gejala maag, Anda dapat mengonsumsi madu hitam sebanyak 1 sendok teh setiap hari.
5. Lebih aman untuk penderita diabetes
Madu hitam sering digunakan sebagai alternatif gula pasir bagi penderita diabetes. Selain lebih aman bagi penderita diabetes, madu ini juga memgandung vitamin, mineral, dan antioksidan.
6. Mempercepat proses penyembuhan luka
Kandungan antibakteri dan asam pH dalam madu ini dipercaya dapat menghilangkan luka secara efektif. Caranya dengan mengoleskan madu pada area yang terluka.
7. Meredakan gejala asam urat
Cara mengonsumsi madu hitam untuk mengatasi gejala asam urat dapat dilakukan dengan mencampur 1 sdm madu hitam pahit dicampur dengan ½ sdt bubuk kayu manis. Konsumsi secara rutin sebelum makan pagi. Campuran ini bisa Anda oleskan juga pada sendi yang pegal dan nyeri.
8. Mencegah risiko kurang darah
Untuk mencegah kondisi anemia, kita dapat rutin mengonsumsi minimal 1 sendok makan madu hitam setiap hari.
9. Meringankan penyakit rematik
Sifat antiinflamasi dan antioksidan dalam madu hitam ampuh meringankan penyakit rematik, radang sendi, dan neuropati (gangguan saraf).
10. Meningkatkan stamina
Kandungan asam fenolat dan vitamin B6 yang tinggi pada madu hitam dipercaya dapat meningkatkan stamina.
11. Memperkuat tulang
Madu hitam pahit merupakan salah satu makanan dengan sumber magnesium yang tinggi untuk membantu penyerapan kalsium. Dengan begitu, tubuh lebih efektif mencegah penyakit tulang di masa yang akan datang.
12. Menjaga kesehatan kulit
Vitamin dan mineral dalam madu hitam bisa membuat kulit lebih cerah dan lembab, serta mencegah dari keriput. Manfaat madu hitam pahit juga dapat dipakai untuk meredakan jerawat akibat bakteri.

Referensi : https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-madu-hitam-hlt/#:~:text=Madu%20hitam%20pahit%20dikenal%20kandungan,tubuh%20untuk%20berfungsi%20dengan%20baik.

Penulis: Denata
Editor: Rifdayanti M. Amalia

Pin It
Hits 4217