INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Omega 3 Jenis Apa yang Baik untuk Ibu Hamil?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 31 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Makanan bergizi tentunya sangat dibutuhkan bagi Ibu hamil karena hal tersebut dapat membantu menjaga kesehatan kondisi kandungan. Asam lemak omega 3 dapat bermanfaat bagi Ibu dan bayi, terutama asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA). Jenis asam lemak ini sangat diperlukan untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan bayi.

Sumber Omega 3

Banyak ahli menyarankan agar Ibu hamil atau menyusui mengonsumsi setidaknya 8 ons ikan atau seafood per minggu (sekitar 2-3 porsi). Ikan dan seafood merupakan sumber asam lemak omega 3 yang paling baik karena kaya akan DHA dan EPA. Namun, Anda harus teliti dalam memilih ikan atau seafood dengan kandungan merkuri yang rendah. Terlalu banyak merkuri yang masuk ke dalam tubuh selama kehamilan dapat membahayakan perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Lalu, apa sajakah sumber makanan yang mengandung omega 3 baik untuk Ibu hamil?
1. Ikan dan seafood
Beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dengan kandungan rendah merkuri adalah ikan salmon, tuna, sarden, ikan kod, ikan tilapia, dan catfish. Sedangkan, sumber yang berasal dari seafood adalah udang, kepiting, dan kerang.
2. Telur
Telur ayam juga mengandung omega 3, terutama jenis DHA.
3. Minyak kanola
Minyak kanola merupakan minyak yang aman dikonsumsi bagi Ibu hamil. Selain itu, ada beberapa pilihan minyak lain yang bisa dikonsumsi, yaitu minyak walnut, minyak kedelai (dan produk kedelai lainnya), serta minyak flaxseed (biji rami).
4. Alpukat dan bayam
Ibu hamil juga dapat mengonsumsi alpukat dan bayam karena mengandung asam lemak omega 3.

Makanan lain yang bisa dikonsumsi dengan kandungan omega 3 didalamnya, yaitu margarin, susu, yogurt, jus, oatmeal, dan sereal.

Penulis: Denata
Editor: Rifdayanti M. Amalia

Referensi : https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/asam-lemak-omega-3-untuk-ibu-hamil/

Pin It
Hits 1650