INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

  • By
  • In Lihat
  • Posted 08 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Bibir yang sehat selalu menjadi dambaan semua orang. Namun, terkadang muncul kondisi yang tidak diinginkan, seperti bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini tentunya sangat tidak nyaman dan mengganggu penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Lalu apa saja yang menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah? Bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab utama
1. Bernafas melalui mulut
Ketika bernafas menggunakan mulut, udara yang masuk dapat menghilangkan kelembaban bibir sehingga bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
2. Menjilat bibir
Menjilat bibir ketika bibir kering justru akan membuatnya semakin kering. Menjilat bibir hanya dapat melembabkan sementara karena akan cepat menguap dan bibir akan kering kembali.
3. Kekurangan zat gizi
Bibir kering menjadi salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan asupan asam folat dan vitamin B2. Selain itu, bibir kering menandakan tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Cara mencegah dan mengatasi
1. Gunakan pelembab bibir atau lip balm
Pilih produk yang mampu melembabkan dan melindungi bibir dari sinar ultraviolet. Kandungan petroleum jelly dan bees wax dapat menjaga kelembaban dan mengatasi kulit bibir yang kering serta pecah-pecah. Selain itu, pelembab yang mengandung SPF akan melindungi bibir dari paparan ultraviolet yang dapat membuat bibir menjadi kering dan mudah mengelupas.
2. Pastikan tubuh tetap terhidrasi
Minumlah air mineral dengan jumlah yang cukup, yaitu minimal 8 gelas dalam sehari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh. Lengkapi juga dengan pola makan sehat, seperti konsumsi buah dan sayuran yang kandungan serat serta cairannya tinggi.
3. Pilih lipstik yang sesuai
Beberapa kandungan bahan dalam lipstik dalam mengurangi kelembaban bibir. Pilih jenis lipstik yang mengandung bahan pelembab dan hindari untuk menggonta-ganti lipstik, terutama yang bersifat matte.
4. Hindari menarik bibir yang mengelupas
Kulit bibir yang mengelupas akan berdarah jika ditarik begitu saja. Gunakan scrub khusus bibir yang mampu mengangkat sel kulit mati. Gosokkan secara lembut dan perlahan agar bibir tidak terluka.
5. Hindari paparan alergen
Jika memiliki bibir sensitif, hindari paparan alergen yang dapat memicu alergi kambuh. Salah satu caranya adalah dengan memilih produk kosmetik yang tidak mengandung parfum atau bahan kimia yang menyebabkan alergi.
6. Hindari bernafas dengan mulut
Bernafas dengan mulut akan membuat bibir kering dan pecah-pecah. Usahakan untuk bernafas melalui hidung dan menghindari kebiasaan merokok.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara-cara tersebut sangatlah sederhana dan dapat diterapkan sehari-hari. Oleh karena itu, ada baiknya untuk lebih memperhatikan kesehatan bibir. Jika mengalami gangguan pada bibir yang cukup serius atau tidak lekas membaik, maka segera periksakan ke dokter karena mungkin ada penyebab lain yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Referensi:
https://www.alodokter.com/tips-mudah-mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah.
https://hellosehat.com/gigi-mulut/gusi-mulut/bibir-kering-penyebab-dan-cara-mencegahnya/?amp=1.

Penulis: Tiffani Nur Widya Andari
Editor: Naili Raudiatus Zahra

Pin It
Hits 1777