INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat Belimbing yang Tidak Boleh Dilewatkan

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 08 April 2021

Belimbing atau Averrhoa carambola merupakan salah satu buah yang dikenal dengan rasa asam manisnya yang khas dan menyegarkan. Buah ini dikenal juga dengan nama star fruit karena bentuknya yang seperti bintang. Buah belimbing banyak ditemukan di daerah tropis, tak terkecuali di Indonesia.

Buah belimbing biasanya dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan dan minuman yang menyehatkan. Selain rasanya yang menyegarkan, buah ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat belimbing yang tidak boleh untuk dilewatkan.

1. Kaya akan nutrisi

Buah belimbing kaya akan serat dan kandungan vitamin. Vitamin yang ada pada buah belimbing mulai dari vitamin A, B9 atau asam folat, B3 atau niasin, dan vitamin C atau asam askorbat. Selain itu, buah belimbing memiliki kalori yang rendah, yaitu sekitar 30 kalori pada ukuran sedang. Terdapat pula kandungan mineral bagi tubuh, seperti zat besi, magnesium, mangan, potasium, dan beta karoten.

2. Menurunkan berat badan

Buah belimbing merupakan buah rendah kalori dan memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Jika mengonsumsinya, dapat membuat kenyang lebih lama.

3. Mengontrol kadar gula

Kandungan serat yang tidak larut air pada buah belimbing mampu menghambat penyerapan glukosa sehingga dapat menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula.

4. Meningkatkan sistem imun

Antioksidan dalam buah belimbing dapat melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler

Buah belimbing mengandung vitamin B9 atau asam folat yang dapat menurunkan kadar homosistein. Konsumsi dengan porsi yang cukup dapat mengurangi risiko stroke, hipertensi, dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

6. Meningkatkan kesehatan mata dan rambut

Vitamin A dalam buah belimbing dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah nyctalopia. Selain itu, kandungan antioksidan dan vitaminnya juga dapat meningkatkan kesehatan rambut.

7. Menurunkan kolesterol

Serat yang tinggi pada buah belimbing dapat mengontrol dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Serat akan mengontrol kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Itulah beberapa manfaat dari buah belimbing bagi tubuh. Namun, bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu, buah belimbing akan menimbulkan efek buruk untuk kesehatannya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat buah belimbing secara maksimal, alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/kandungan-dan-manfaat-belimbing-bagi-kesehatan-tubuh.

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-buah-belimbing-buah-lezat-yang-bikin-badan-sehat/amp.

 

Penulis: Tiffani Nur Widya Andari

Editor: Rifdayanti M. Amalia

Pin It
Hits 1396