INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Benarkah Tubuh Kita Bisa Keracunan Air Putih?

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 10 April 2021

Benarkah tubuh kita bisa keracunan air putih? Jawabannya adalah benar. Anda memang perlu minum air putih hingga dua liter per hari. Akan tetapi, bila Anda minum air putih terlalu banyak dalam satu waktu sekaligus, itu berbahaya dan dapat menimbulkan intoksikasi air atau keracunan air.

Bagaimana Keracunan Dapat Terjadi?

Keracunan air merupakan suatu kondisi yang timbul sebagai efek terlalu banyak minum air putih. Hal ini terjadi ketika Anda minum air lebih dari satu liter dalam satu jam, sehingga menyebabkan ginjal bekerja lebih keras. Saat Anda kebanyakan minum air putih, tubuh akan rentan mengalami hiponatremia, suatu kondisi di mana kadar garam dalam darah lebih rendah dari batas normal. Hal ini terjadi karena kelebihan air dalam tubuh akan “melarutkan” garam (natrium), sehingga kadar garam akan relatif lebih rendah.

Natrium merupakan komponen penting dalam keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kekurangan natrium dapat membuat cairan yang ada dalam tubuh tertarik ke dalam sel, misalnya sel otak. Akibatnya, sel akan membengkak dan menimbulkan sejumlah gejala signifikan seperti gangguan kesadaran bahkan mengancam nyawa.

Kebanyakan kasus keracunan air terjadi pada atlet yang melakukan aktivitas berat seperti pelari maraton atau pada peserta latihan militer. Sebuah studi pada Boston Marathon menunjukkan bahwa terdapat risiko hiponatremia sebesar 13 persen pada pelari maraton akibat kelebihan minum air putih.

Tanda-Tanda Anda Kebanyakan Minum Air

Lantas, apa saja tanda-tanda bahwa Anda sudah terlalu banyak minum air? Berikut adalah beberapa di antaranya:

● Nyeri kepala

● Kelemahan atau kekakuan otot

● Mual dan muntah

● Badan lemas

Pada kondisi yang lebih berat, keracunan air dapat menyebabkan pasien tampak bingung, kejang, kehilangan kesadaran, koma, bahkan kematian.

Saat terjadi keracunan, dokter akan memberikan obat golongan diuretik guna membantu mengeluarkan sejumlah cairan melalui produksi urine, mengatasi penyebab dari overhidrasi, serta mengganti kekurangan natrium yang terjadi.

Ketahui Kebutuhan Air Minum

Keracunan air memang bisa terjadi, namun bukan berarti setiap orang mudah mengalaminya. Efek terlalu banyak minum air putih di atas lebih sering terjadi pada kondisi ekstrem, seperti pelari triathlon atau maraton dan pasien yang memerlukan perhitungan cairan tubuh yang cermat, seperti penderita penyakit jantung dan ginjal.

Anda tetap harus memenuhi kebutuhan cairan harian. Kebutuhan setiap orang tentu berbeda-beda, tergantung pada usia, cuaca, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan masing-masing.

Misalnya, pada mereka yang tinggal di iklim panas, tentu memerlukan cairan lebih banyak untuk mengganti keringat yang keluar dari tubuh. Selain itu, Anda yang beraktivitas lebih berat juga memerlukan cairan lebih banyak.

Meski bervariasi, secara umum para pakar menyarankan setiap orang untuk mengonsumsi 2-3 liter air setiap hari dan dikonsumsi secara berkala sepanjang hari, bukan sekaligus.

Pahami juga kondisi tubuh Anda dan segeralah minum saat merasa haus. Rasa haus adalah tanda pertama kekurangan cairan, jangan remehkan dan dengarkan tubuh Anda.

Air putih memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dan kondisi keracunan ini dapat dicegah dengan mengetahui kebutuhan cairan harian Anda.

 

Sumber :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3239733/terlalu-banyak-minum-waspada-keracunan-air-putih

 

Penulis : Callista Dora Islamey Pasya

Editor: Rifdayanti M. Amalia

Pin It
Hits 30287