INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Ketahui Manfaat Jagung Bagi Tubuh

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 15 April 2021

Zea mays atau jagung ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh Anda. Anda juga dapat mengelola jagung dengan berbagai cara, seperti dipanggang, direbus, dikukus, sup atau bahkan popcorn. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga menjadi sumber protein. Jagung kaya akan serat, asam lemak, esensial, isoflavon, mineral (Ca, Mg, K, Na, P, Fe), antosianin, beta karoten (provitamin A), asam amino esensial, dll. Jagung mengandung serat pangan yang dibutuhkan tubuh (dietary fiber) dengan indeks glikemik (IG) yang relatif rendah dibandingkan m beras, sehingga jagung ini lebih dianjurkan bagi penderita diabetes.

Apa Saja sih Manfaat dari Jagung Ini?

Penambah energi. Diketahui bahwa jagung memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Nah, karbohidrat ini dicerna dalam tubuh dengan waktu yang lebih lama. Sehingga energi yang tersimpan juga akan lebih lama. Bagi anda yang gemar olahraga, bisa masukkan menu jagung dalam makanan anda.

Melancarkan saluran pencernaan. Serat pada jagung akan dicerna pada waktu yang lama, sehingga saluran pencernaan lebih aktif dan terjaga. Jagung juga membantu meringankan dan mencegah sembelit.

Menyehatkan mata. Kandungan antioksidan zeaxanthin dan lutein pada jagung ini sebagai nutrisi untuk kesehatan mata Anda. studi membuktikan jagung mengurangi risiko gangguan mata terkait penuaan seperti degenerasi makula dan katarak.

Meningkatkan kepadatan tulang. Satu buah jagung mengandung lebih dari 90 mg fosfor, dimana setara dengan 10% kebutuhan fosfor orang dewasa. Kandungan fosfor inilah nutrisi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi anda.

Mencegah depresi. Magnesium pada jagung dapat menjaga kesehatan, fungsi otak, suasana hati lho. Karena kadar magnesium yang cukup, konsumsi jagung secara rutin mampu meningkatkan kadar magnesium pada tubuh sehingga mampu meminimalisir risiko depresi.

Mengendalikan tekanan darah. Kandungan mineral kalium, magnesium, antioksidan pada jagung ini mampu mengontrol tekanan darah. Sebaiknya saat mengonsumsi jagung, tidak menambahkan garam yang berlebihan agar tidak meningkatkan tekanan darah anda.

Menangkal radikal bebas. Banyaknya kandungan antioksidan dan vitamin C pada jagung, mampu menjaga pertahanan tubuh anda. antioksidan sendiri mampu menangkal radikal bebas sehingga mencegah timbulnya risiko terkena penyakit.

Perlu diingat, sebelum konsumsi jagung pastikan jagung dalam kondisi baik dan tercuci hingga bersih. Perhatikan juga seberapa banyak Anda konsumsi jagung karena konsumsi jagung yang berlebihan juga tidak baik, terutama bagi penderita diabetes.

 

Sumber :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3626697/kenali-manfaat-jagung-dari-menjaga-kesehatan-mata-hingga-pencernaan

https://www.alodokter.com/manfaat-jagung-tidak-terbatas-pada-bijinya http://pangan.litbang.pertanian.go.id/files/04-suarni.pdf

 

Penulis: Ratna Dhelva I. W.

Editor : Rifdayanti M. A.

Pin It
Hits 3166