INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Nanas, Buah Tropis Kaya Manfaat

  • By
  • In Lihat
  • Posted 17 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Nanas atau Ananas comosus merupakan salah satu buah tropis yang menjadi favorit banyak orang. Nanas memiliki daging berwarna kuning dengan rasa manis yang menyegarkan lidah. Nanas biasanya dikonsumsi secara langsung dan dijadikan olahan makanan atau minuman, seperti jus, selai, ataupun kripik. Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, nanas juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah nanas berasal dari kandungannya yang memiliki gizi tinggi. Nanas mengandung vitamin A, B1, B6, C, folat, serat, natrium, kalium, magnesium, fosfor, dan enzim bromelain. Berikut manfaat buah nanas yang mungkin tak pernah kita sangka.
- Melancarkan sistem pencernaan
Nanas kaya akan serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat pada nanas dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit. Selain itu, kandungan enzim bromelain dapat membantu melunakkan makanan di lambung.
- Mengurangi peradangan
Kandungan bromelain berfungsi sebagai antiradang. Bromelain dapat membantu peradangan yang terkait dengan kolitis ulseratif.
- Mencegah kanker
Nanas merupakan buah potensial untuk dikonsumsi sebagai sumber antioksidan. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan kanker dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan lainnya juga diperoleh dari bromelain, betakaroten, dan berbagai senyawa flavonoid di dalamnya.
- Menjaga kesehatan kulit
Vitamin C yang ada pada nanas dapat megatasi jerawat pada wajah, kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, warna kulit yang tidak merata, dan juga membuat wajah awet muda. Bromelain pada nanas dapat membantu mengeksfoliasi kulit dan meringankan kemerahan atau bengkak pada kulit.
- Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan mineral-mineral penting, seperti fosfor dan kalium pada nanas dapat membantu menjaga kesehatan tulang, memperkuat jaringan ikat, menyehatkan gusi, dan mencegah tanggalnya gigi.

Itulah manfaat dari nanas bagi kesehatan tubuh. Meskipun bermanfaat, konsumsi nanas tetap harus dibatasi. Mengonsumsi nanas berlebihan akan menyebabkan bengkak dan gatal pada bagian bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Kandungan bromelain yang berlebihan dapat menyebabkan kontraksi rahim yang berpotensi untuk terjadinya keguguran pada wanita yang hamil. Untuk itu, apabila memiliki kondisi kesehatan tertentu, lebih baik konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi nanas.

Referensi:
https://www.alodokter.com/jangan-salah-kandungan-dan-manfaat-buah-nanas-ada-banyak.
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-nanas-untuk-pencernaan/

Penulis: Tiffani Nur Widya Andari
Editor : Risky Nur Marcelina

Pin It
Hits 3008