INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Ragam Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh

  • By
  • In Lihat
  • Posted 23 April 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Buah blewah (Cucumis melo ver cantalupensis) merupakan buah yang mudah ditemukan dibanyak daerah, karena dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah. Rasanya yang enak dan menyegarkan membuat buah ini digemari oleh banyak orang. Buah blewah pun mempunyai beragam nutrisi, gizi, serta digadang-gadang baik untuk yang menjalankan diet rendah kalori. Beberapa kandungan gizi serta nutrisi yang terdapat pada buah blewah antara lain yaitu sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berikut Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh
1.Mencegah Dehidrasi
Ingin memenuhi asupan cairan dalam tubuh, tapi bosan dengan meminum air? Buah blewah bisa menjadi solusinya. Sebab buah-buahan, termasuk buah blewah, memiliki kadar air yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan dapat mencegah dehidrasi.
2.Baik untuk Kesehatan Kulit
Biasanya buah-buahan yang berwarna oranye seperti wortel, labu ubi jalar dan tentu saja blewah, merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang dapat mengurangi risiko kanker kulit. Karotenoid juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan terkait dengan sengatan matahari. Pigmen karotenoid juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna dan keriput. Jadi, dengan makan buah blewah secara rutin, dapat menjadikan wajah dan kulit Anda tetap awet muda.
3.Rendah Kalori dan Baik untuk Asupan Diet
Pada kandungan 100 gram buah blewah, nyatanya hanya mengandung 60 kalori. Sedangkan, kandungan air dan nutrisi pada manfaat buah blewah bagus untuk menurunkan bobot tubuh Anda. Karena buah blewah memiliki kandungan nutrisi penting lainnya. Lalu ketika Anda ingin melakukan diet rendah kalori, buah blewah bisa menjadi solusi tepat jika ditakar dengan jumlah kalorinya yang rendah namun manfaat kesehatannya tinggi secara keseluruhan.
4.Menurunkan Tekanan Darah
Buah blewah yang kaya akan antioksidan dan mineral kalium dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Kalium juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh dan memungkinkan otot-otot tubuh dapat berkontraksi dengan optimal.
5.Melancarkan Pencernaan
Buah blewah cukup baik bagi pencernaan karena bermanfaat untuk membuang racun, mendetoksifikasi tubuh dan membantu usus mencerna makanan dengan baik. Selain itu, manfaat buah blewah juga dapat membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna, yang bisa memicu gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain beragam manfaat di atas, buah blewah juga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada buah blewah. Guna mengoptimalkan khasiat buah blewah, Anda juga perlu mencukupi asupan nutrisi lainnya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang berasal dari beragam jenis sayuran dan buah-buahan.

Sumber : Titiknol. 2017. https://titiknol.co.id/gaya-hidup/4-manfaat-luar-biasa-dari-buah-blewah-yang-jarang-diketahui/. (Diakses pada 23 April 2021).

Penulis : Sabita Ibtisamah
Editor : Titis Nurmalita Dianti

Pin It
Hits 4057