INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mengejutkan! Ini Manfaat Positif Tertawa bagi Kesehatan

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 23 April 2021

Banyak yang bilang, tertawa merupakan obat yang paling mujarab untuk segala penyakit, mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat. Tampaknya hal ini tidak sekedar kiasan saja lho. Ternyata tertawa tidak hanya membuat orang senang tetapi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan yang bisa diperoleh :

1. Mengurangi Stres

Tertawa dapat mengurangi tingkat stres yang Anda alami. Pada saat tertawa, beban pikiran akan sedikit berkurang, sehingga perasaan Anda menjadi lebih lega. Hal ini disebabkan karena berkurangnya produksi hormon pemicu stres, seperti kortisol, dopamin dan epinefrin (adrenalin), serta meningkatnya produksi hormon endorfin pada saat tertawa.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tertawa dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun tubuh. Peningkatan ini dapat berpengaruh terhadap kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

3. Mengurangi Depresi

Selain dapat mengurangi tingkat stres, tertawa juga bisa menurunkan risiko terjadinya depresi dan gangguan kecemasan. Karena tertawa mampu menetralkan segala emosi negatif yang dapat mengakibatkan depresi.

4. Membantu Penyembuhan Diabetes & Hipertensi

Tertawa juga memiliki manfaat yang hebat bagi orang yang memiliki penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Penelitian mengungkap bahwa tertawa bisa membantu pasien diabetes dan hipertensi menjadi lebih sehat. Selain itu, obat-obatan yang dipadukan dengan terapi tertawa bisa memberikan hasil yang lebih maksimal terhadap pasien diabetes dan hipertensi.

5. Menyehatkan Jantung

Tertawa juga bisa menyehatkan jantung. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini adalah saat seseorang tertawa, akan terjadi peningkatan aliran oksigen di dalam peredaran darah. Selain itu, tertawa juga akan memicu pelepasan nitrogen oksida atau nitric oxide. Nitric oxide merupakan zat kimia yang melindungi jantung dengan cara mengurangi peradangan serta mencegah pembentukan plak kolesterol.

Meski manfaat tertawa bagi kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut, namun tidak ada salahnya menghiasi hari-hari Anda dengan tawa, bukan? Anda bisa mencoba berkumpul dengan orang-orang yang menyenangkan atau menonton video lucu/tayangan komedi untuk mengembalikan tawa Anda.

 

Sumber : Alodokter. 2019. https://www.alodokter.com/manfaat-tertawa-bagi-kesehatan-jantung-mental-dan-fisik. (Diakses pada 23 April 2021).

 

Penulis : Sabita Ibtisamah

Editor : Risky Nur Marcelina

Pin It
Hits 797