INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

MANFAAT ANGGUR UNTUK IBU HAMIL

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 01 May 2021

Buah anggur memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi penting mulai dari vitamin C, vitamin K, folat, kalium, mangan, fosfor, riboflavin, dan serat.

Manfaat Anggur

Berikut ini manfaat anggur yang baik untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui:

1. Memberikan Sumber Nutrisi bagi Tubuh Ibu Hamil

Dalam 1 cangkir buah anggur (sekitar 151 gram) mengandung kalori 104, karbohidrat: 27,3 gram, protein 1,1 gram, lemak 0,2 gram, serat 1,4 gram, vitamin C 27% dari rekomendasi asupan harian (RAH), vitamin K 28% dari RAH, vitamin B1 (tiamin): 7% dari RAH, vitamin B2 (riboflavin): 6% dari RAH, vitamin B6 6% dari RAH, kalium: 8% dari RAH, tembaga: 10% dari RAH, mangan: 5% dari RAH

2. Melawan Peradangan

Adanya senyawa anti inflamasi dalam buah anggur dapat mencegah asma dan artritis (radang sendi). Selain itu anggur mampu menghidrasi tubuh dan meningkatkan kelembapan paru-paru, sehingga menghindarkan bumil dari asma.

3. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Anggur mengandung berbagai macam antioksidan seperti flavonoid, antosianin, linalool, geraniol dan tanin, yang bisa menjaga sistem imun tubuh ibu hamil. Semua antioksidan tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mencegah datangnya infeksi di masa kehamilan.

4. Mencegah Kram Otot

Kram otot adalah gejala yang sering dialami ibu hamil. Untuk itu ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium, salah satunya anggur.

5. Mengatasi Sembelit

Buah anggur mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Serat pada anggur dapat bertindak sebagai pencahar untuk meredakan konstipasi.

6. Menyehatkan Jantung

Selama hamil, akan ada perubahan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat jantung bekerja ekstra keras. Hal ini terjadi agar tubuh bumil dapat menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup ke janin. Manfaat anggur untuk ibu hamil selanjutnya datang dari kandungan polifenol. Senyawa ini dipercaya dapat mendukung sistem jantung selama kehamilan.

7. Mengandung Zat Besi

Anggur mengandung zat besi yang cukup untuk membantu bumil dalam mencegah anemia selama kehamilan.

8. Menjaga Kesehatan Mata Janin

Anggur mengandung flavonoid dan vitamin A yang dapat membantu perkembangan indra penglihatan bayi semakin sempurna.

9. Membantu Penyerapan Nutrisi Janin

Vitamin B dalam anggur dapat membantu proses penyerapan nutrisi janin karena vitamin B yang dikandung anggur dianggap bisa mendukung metabolisme ibu dalam menyuplai nutrisi bagi bayi.

10. Menjaga Kestabilan Kolesterol

Dalam anggur terdapat kandungan resveratrol yang berguna untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil.

11. Menjaga Kesehatan Mulut

Anggur dinilai mengandung asam organik yang dapat menetralisir bakteri di rongga mulut. Selain itu, asam organik mendukung pembentukan dan pemeliharaan kalsium di dalam tubuh.

12. Menurunkan tekanan darah

Manfaat anggur untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama untuk ibu hamil yang berisiko lebih tinggi untuk mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan.

 

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/tak-hanya-lezat-ini-manfaat-anggur-untuk-ibu-hamil-dan-bayinya

https://www.alodokter.com/manfaat-buah-anggur-untuk-ibu-hamil

 

Editor: Rifdayanti M. Amalia

Penulis: Denata Rahmadani Lukitasari

Pin It
Hits 1300