INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Hilangkan Mata Pandamu Dengan Cara Berikut

  • By
  • In Lihat
  • Posted 12 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Mata panda? Mata panda mungkin merupakan masalah yang dihadapi beberapa orang. Mata panda dapat membuat kita tampak terlihat tidak segar dan malu.

Mata panda merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan adanya lingkaran hitam pada area sekitar mata. Mata panda ini bukan merupakan suatu penyakit berbahaya, tetapi kita tetap harus mengatasinya agar penampilan kita lebih baik. Adapun penyebab mata panda sendiri biasanya akibat dari kurang tidur atau kelelahan. Tetapi selain itu mata panda dapat disebabkan oleh :
1. Faktor usia
Semakin bertambahnya usia, semakin tipis juga lapisan permukaan kulit utamanya pada area bawah mata. Kulit tersebut akan kehilangan elastisitasnya sehingga pembuluh darah mata akan semakin tampak jelas. Hal tersebutlah yang menyebabkan mata panda.
2. Kebiasaan menatap layar
Menatap layar dalam waktu lama membuat kondisi mata menjadi tegang sehingga pembuluh darah akan membuat mata menjadi membesar. Hal inilah yang menyebabkan kulit mata menjadi gelap.
3. Genetic
Orang yang memiliki kulit gelap lebih berisiko terkena mata panda. Mata panda ini juga bisa diturunkan dalam keluarga.
4. Dehidrasi
Ketika tubuh kita kekurangan air, kulit bawah mata kita akan menjadi tampak cekung dan sayu.
5. Merokok dan minum-minuman beralkohol
Efek dari merokok dan minuman beralkohol yaitu menjadikan kulit bawah mata kita gelap karena aliran darah di kulit wajah tidak lancar.
6. Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.
7. Alergi
Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada di bawah mata.

Ada beberapa cara yang bis kita lakukan untuk mengatasi mata panda
1. Kompres mata dengan menggunakan air dingin
2. Cukupi kebutuhan cairan yang ada dalam tubuh untuk menghindari dehidrasi
3. Gunakan bahan-bahan alami untuk mengurangi mata panda, seperti minyak zaitun, minyak almond, dan gel lidah buaya
4. Menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok
5. Tidur atau istirahat yang cukup
6. Menggunakan krim mata
7. Gunakan kacamata hitam bila paparan sinar matahari sangat terik
8. Jangan sering menggosok mata

Penulis : Denata Rahmadani L
Editor : Titis Nurmalita

Referensi:
Adrian, Kevin. 2018. Mata panda Tidak Hanya Disebabkan oleh Kurang Tidur dalam https://www.alodokter.com/ternyata-mata-panda-tidak-hanya-dipicu-oleh-kurang-tidur-lho diakses tanggal 3 Mei 2021
Adrian, Kevin. 2020. 8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah di Rumah dalam https://www.alodokter.com/8-cara-menghilangkan-mata-panda-dengan-mudah-di-rumah diakses tanggal 3 Mei 2021
Afifah, Mahardini Nur. 2020. 7 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat dalam https://health.kompas.com/read/2020/05/19/040400068/7-cara-menghilangkan-mata-panda-dengan-cepat?page=all diakses tanggal 3 Mei 2021

Pin It
Hits 591