INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Makin Disayang, Stress Makin Berkurang

  • By
  • In Lihat
  • Posted 13 May 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Wajahnya yang bundar, matanya yang bulat, bibir dan gigi – giginya yang mungil, kaki – kaki pendek berbulu lembut. Kelakuannya terkadang manja, terkadang bikin kesal, terkadang juga bikin gemas. Hanya mau menyahut saat ia sedang lapar atau minta makan. Siapa yang nggak makin sayang sama kucing, hewan peliharaan yang imut ini?

Kucing memang sudah tak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan umat manusia. Ia amat lekat dengan keseharian kita. Kita dapat menjumpai kucing dimana – mana, mulai dari halaman depan rumah, sekitar komplek, di sekolah, di pasar. Hewan lucu ini sudah akrab mengisi keseharian kita. Hewan yang memiliki nama ilmiah Felis domestica ini merupakan anggota ordo Karnivora, family Felidae. Jenisnya pun bermacam macam, ada Ragdoll, Maine Coon, Siamese, American Shorthair, sampai kucing Sphinx yang sama sekali tidak berbulu.

Tahukah Anda bahwa berbagai manfaat dapat Anda temukan saat memelihara kucing? Menurut Risa & Candra (2018) dengan memiliki hewan peliharaan (dalam hal ini kucing), individu dapat merasakan kasih sayang melalui memberi makan, merawat serta meluangkan waktu untuk bermain. Hal ini disebut Animal Assisted Activities (AAA) yaitu untuk salah satu metode untuk mempromosikan kesehatan mental. Umumnya Animal Assisted Activities (AAA) juga dilakukan untuk kepentingan terapi seperti di seting rumah sakit bahkan rumah pensiunan.

AAA menawarkan beberapa manfaat positif bagi penerimanya dari segi fisik, sosial dan emosional. Kucing misalnya, ia dapat menjadi tokoh attachment yang memberikan rasa aman pada saat-saat tertentu, kebutuhan dan basis eksplorasi yang aman yang dapat mengurangi distress. Hewan peliharaan merupakan sumber dukungan, kenyamanan, dan kelegaan pada saat dibutuhkan. (Sinojia, 2014).

Meskipun memelihara kucing juga berarti menambah effort atau beban Anda dari segi tenaga dan finansial, tak ada salahnya bukan, untuk memelihara hewan menggemaskan ini? Selain mereduksi stress, Anda juga akan bertemu segudang manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan sendiri.

Oleh : Raudhatushafytra Kuntari

Referensi :
Nirmala Fitria Firdhausi, ‘Keanekaragaman Morfologi Kucing Domestik Di Wilayah Lingkup Kampus IAIN Ambon’, Jurnal Biologi Science & Education 2015, Program Studi Biologi, IAIN Ambon.
Risa Juliadilla, Candra Hastuti, ‘Peran Hewan Peliharaan Pada Tingkat Stress Pegawai Purnatugas’, Jurnal Psikologi Integratif Vo. 6 No. 2 2018, Program Studi Psikologi UIN Sunan Kalijaga.

Pin It
Hits 950