INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

BAHAYA KUTEK UNTUK KESEHATAN

  • By
  • In Lihat
  • Posted 02 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Kutek sering digunakan untuk wanita utamanya dalam mempercantik tampilan kuku. Ada banyak jenis kutek yang saat ini beredar di masyarakat dengan warna yang beragam juga. Tapi tahukah kamu kandungan apa yang ada dalam kutek ?

Kutek ternyata mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan, seperti Formaldehida, Toluena, Phthalates, Merkuri, Logam berat, termasuk timbal dan kadmium. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi mata,hidung, kerongkongan, dan paru-paru. Selain itu menggunakan kutek dapat meningkatkan risiko terpapar zat berbahaya yang berlebihan sehingga menimbulkan penyakit kanker. Zat phthalates pada kutek dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan hormon, masalah kesuburan, dan pubertas dini pada anak-anak.

Selain yang disebutkan diatas, masih ada lagi bahaya paparan zat bahaya dari kutek yang dapat mengganggu kesehatan, antara lain:
1. Gangguan pada mata
Penggunaan kutek ini dapat menyebabkan iritasi mata dengan gejala muncul berupa mata marah, perih, dan berair.
2. Gangguan pencernaan
Ketika tidak sengaja menelan kutek, kita akan mengalami gangguan pencernaan dengan gejala mual, muntah, diare, dan sakit perut.
3. Gangguan saluran kemih
Paparan zat kimia berbahaya dari kutek juga bisa mengganggu fungsi ginjal dan saluran kemih.
4. Gangguan saluran pernapasan
Karena zat kimia yang terkandung dalam kutek bersifat iritatif, jika kita menghirup zat tersebut dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan gangguan saluran pernapasan.
5. Gangguan sistem saraf
Gangguan sistem saraf juga dirasakan akibat terlalu banyak terpapar zat kimia dari kutek, seperti merkuri, logam berat, dan formaldehida. Paparan zat aseton pada pembersih kutek juga diketahui bisa mengganggu fungsi saraf. Gejala yang muncul yaitu mudah mengantuk, gangguan keseimbangan, halusinasi, hingga kejang.
6. Gangguan pada jantung
Gejala seperti nyeri pada dada dan detak jantung yang tidak teratur bisa saja dialami jika terpapar zat-zat kimia berbahaya dari kutek maupun aseton.

Lalu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko paparan zat berbahaya dari penggunaan kutek, antara lain:
- Teliti dalam memilih produk kutek dan hindari produk yang mengandung zat kimia berbahaya.
- Buka jendela dan pintu sebelum menggunakan kutek agar terjadi pertukaran udara.
- Jauhkan tangan dari tubuh saat mengeringkan kutek.
- Hindari meniup kutek saat mengeringkannya, karena kemungkinan besar kita akan menghirup bahan kimia kutek.
- Setiap kali selesai menggunakan dan menghapus kutek, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air dan sabun agar tidak ada bahan kimia yang menempel pada kuku.

Referensi:
Adrian, Kevin. 2021. Kenali Risiko Penggunaan Kutek terhadap Kesehatan Tubuh dalam https://www.alodokter.com/kecantikan-warna-warni-kutek-mengandung-risiko#:~:text=Zat%20lain%20yang%20terkandung%20di,pubertas%20dini%20pada%20anak%2Danak. Diakses tanggal 2 Juli 2021

Penulis : Denata Rahmadani L 
Editor : Titis Nurmalita Dianti 

Pin It
Hits 3146