INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

MOODBOOSTER? APA TUH

  • By
  • In Lihat
  • Posted 02 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Mood booster terdiri atas dua kata dalam bahasa Inggris, yang jika diartikan secara harfiah, mood berarti perasaan atau suasana hati, sementara booster berarti pendorong atau pendongkrak. Jika digabung, mood booster adalah sesuatu yang bisa bikin Anda kembali senang, ceria, dan bersemangat lagi setelah mengalami kejadian yang buruk.

Dilansir pada halo sehat, berikut hal-hal yang bisa menjadi moodbooster :
1. Tidur siang
Penelitian dari Journal of Sleep Research menemukan bahwa orang yang kurang tidur jadi lebih sering nggak mood dibanding orang yang jam tidurnya cukup. Selain itu, The National Sleep Foundation (NSF) mengatakan bahwa tidur siang singkat dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati, kewaspadaan, dan semangat kerja pada orang dewasa. NSF menyarankan, bila ingin meningkatkan mood, tidur selama 20 hingga 30 menit di siang hari. Waktu tersebut cukup untuk mengusir kantuk dan memunculkan kembali mood yang ceria.
2. Mendengarkan musik
Sebuah penelitian dari British Journal of Psychiatry mengatakan bahwa suasana hati yang jelek bisa diatasi dengan mendengarkan lagu. Pada penelitian ini, peneliti menemukan orang yang depresi dan melakukan pengobatan dengan terapi musik, berhasil sembuh lebih cepat daripada orang yang melakukan terapi biasa. Jadi, mendengarkan musik saat suasana hati lagi jelek boleh dicoba untuk meningkatkan mood Anda di kala bad day.
3. Temui dan peluk orang tersayang
Sebuah penelitian dari Australia yang dikutip dari Healthline menyatakan bahwa pria yang berpelukan, mood-nya lebih sering bahagia dibanding dengan pria yang jarang memeluk seseorang.
Hasil penelitian yang melibatkan 60.000 orang ini juga mengatakan, bahwa memeluk dan menemui orang tersayang bisa bikin diri sendiri merasa dicintai dan lebih yakin bahwa semua hal akan baik-baik saja. Memeluk dan bertemu orang yang disayang juga bisa bikin pernapasan jadi lebih rileks dan tekanan darah jadi turun. Tak lupa, hormon oksitosin (hormon bahagia) juga ikut muncul ketika menemui orang yang disayang.
4. Makan makanan enak
Makan makanan enak sudah sering dijadikan mood booster bagi orang yang sedang bad mood. Untuk membantu meningkatkan suasana hati, bisa dengan makan coklat, sayur, dan buah. Kenapa cokelat? Sebab kandungan dalam cokelat mampu membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini akan mengurangi kecemasan dan stres, serta membantu suasana hati agar jauh lebih baik.
5. Ngobrol dengan teman atau keluarga
Bila sedang bad mood, ada baiknya bersosialisasi dengan cara berbincang atau mungkin curhat. Menceritakan hal yang membuat tidak bersemangat bisa menjadi salah satu cara mood booster yang dapat dilakukan. Dengan bercerita, setidaknya tidak memendam kekesalan sendirian, ada orang lain yang turut bisa diajak untuk berbagi cerita. Jangan sungkan untuk menelepon, chat, atau bahkan video call dengan sahabat atau keluarga ketika sedang dilanda bad mood.

Sumber : hallosehat.com

Pin It
Hits 29909