INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Makan Dengan Gizi Seimbang Agar Tubuh Sehat Dan Terhindar Penyakit

  • By
  • In Lihat
  • Posted 02 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Tubuh memerlukan asupan gizi seimbang seperti sayur, buah, ikan, daging, susu, dll. Kenapa sih makanan yang masuk ke tubuh harus mengandung gizi seimbang? Menurut Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Toto Sudargo bahwa makanan yang mengandung zat gizi spesifik berperan langsung dalam menunjang berbagai aktivitas sistem daya tahan tubuh. Jadi, sudah tidak heran bukan kenapa anda harus memenuhi asupan makanan anda sehari-hari dengan gizi yang seimbang. Apalagi seperti saat ini, dimana kasus Covid-19 di Indonesia masih meningkat. Yuk simak apa aja sih makanan dengan gizi seimbang yang dimaksud.

Ada berbagai nutrisi yang perlu kita ketahui, yakni makronutrisi dan mikronutrisi. Makronutrisi meliputi protein, karbohidrat, lemak. Sedangkan mikronutrisi meliputi mineral dan vitamin. Tak lupa, ada pemenuhan nutrisi seperti serat dan cairan yang cukup. Saat pandemi ini, anda juga perlu meningkatkan asupan makanan mengandung vitamin C dan vitamin E.

Berikut panduan piring makan yang benar:
- ½ ½ piring makan diisi sayur dan buah beragam jenis dan warna.
- ¼ ¼ piring makan diisi sumber protein dan lemak sehat (ikan, ayam, udang, kacang-kacangan). Hindari makan daging olahan (sosis).
- ¼ ¼ piring makan diisi sumber karbohidrat kompleks (biji-bijian, nasi coklat, gandum utuh, pasta). Batasi makanan mengandung gula tinggi (cake, biskuit).
- Tambahkan minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung, minyak canola.
- Konsumsi air putih yang cukup. Batasi produk yang sudah diolah (keju, krim) dan minuman manis. Untuk susu anda bisa meminumnya 1-2 gelas per hari dan jus buah anda bisa meminumnya 1 gelas per hari.

Perlu diperhatikan, sebelum makanan tersebut masuk ke perut anda pastikan mencucinya dengan bersih. Perhatikan juga, makanan yang anda masak sudah matang dengan sempurna.

Setelah asupan gizi anda seimbang, ingat: batasi konsumsi gula garam dan lemak, lakukan olahraga secara teratur dengan intensitas sedang, istirahat yang cukup, mentaati protokol kesehatan, terakhir melakukan vaksin. Olahraga intensitas sedang dilakukan 3-5 kali per minggu 30-45 menit, lebih baik dilakukan saat pagi dan terkena sinar matahari.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan Anda bisa menerapkannya.

Penulis : Ratna Dhelva I. W.

Sumber:
Agustin, Sienny. 2021. Penuhi Asupan Gizi Seimbang Dengan Panduan Piring Makan. https://www.alodokter.com/memenuhi-gizi-seimbang-dengan-panduan-piring-makan (Diakses pada 28 Juni 2021).
Kasih, Ayunda Pininta. 2021. Ahli Gizi UGM: Pilihan Makanan Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh. https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/25/173434571/ahli-gizi-ugm-pilihan-makanan-untuk-tingkatkan-daya-tahan-tubuh?page=all (Diakses pada 28 Juni 2021).

Pin It
Hits 11161