INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Pada Anak Kecil

  • By
  • In Lihat
  • Posted 25 July 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Masalah kulit kering tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi Si Kecil juga rentan mengalami. Masalah kulit kering pada Si Kecil bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti udara dingin dan kering, sengatan matahati ataupun paparan klorin pada air di kolam renang. Selain itu, kebiasaan mandi yang terlalu lama, terlalu banyak menggunakan sabun, atau adanya alergi terhadap produk perawatan kulit yang dipakai.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada berbagai cara merawat dan mengatasi masalah kulit kering ringan pada Si Kecil. Berikut ini tips mudah yang dapat diterapkan di rumah agar kulit Si Kecil kembali lembab dan sehat:
- Persingkat waktu mandi
Mandi terlalu lama bisa menghilangkan kelembaban kulit Si Kecil dan membuatnya menjadi kering. Maka dari itu, persingkat waktu mandinya menjadi 5- 10 menit saja. Selain itu, gunakan air hangat dan juga perhatikan produk sabun bayi yang digunakan.
- Gunakan pelembab secara rutin
Untuk merawat dan mengatasi masalah kulit kering pada Si Kecil, Anda harus rutin dan rajin mengoleskan pelembap khusus bayi atau anak- anak pada kulit tubuhnya.
- Menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk dan lembab
- Pastikan Si Kecil terhidrasi dengan asupan cairan yang cukup.
- Cuci pakaian bayi dengan deterjen yang lembut dan bebas parfum atau pewangi
- Jika kulit Si Kecil terlalu sensitif, ada baiknya mengenakan pakaian dengan bahan katun yang nyaman di kulit.
- Lindungi kulit Si Kecil dari paparan sinar matahari ataupun udara dingin dengan menggunakan pakaian yang tertutup dan sarung tangan.

Selain itu, kita juga harus mengenali reaksi dan gejala alergi pada kulit sensitif Si Anak. Terkadang saat menggunakan produk perawatan yang baru, kulit kemungkinan mengalami alergi. Jika kulitnya mengalami ruam, gatal, panas, dan sering terbakar, maka segera hentikan pemakaian produk tersebut.

Untuk menguji produk baru, Bunda bisa mengoleskan produk tersebut pada pergelangan tangan. Perhatikan setiap gejala kemerahan atau iritasi yang mungkin timbul dalam waktu 24 jam. Jika dalam waktu 24 jam atau setelah pemakaian selanjutnya timbul reaksi alergi pada kulit, maka segera hentikan pemakaian produk tersebut.

Apabila kulit kering disertai kemerahan, gatal, dan pembengkakan yang tidak kunjung sembuh walaupun sudah melakukan berbagai perawatan, maka segera konsultasikan ke dokter.

Penulis: Salsabila M. Widyanindra

Referensi:
https://www.alodokter.com/kulit-kering-pada-si-kecil-begini-cara-merawat-dan-mengatasinya
Baby Center. Dry skin in children.
Gupta, R. KidsHealth (2015). For Kids. Taking care of your skin.

Pin It
Hits 8214