INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tips Membersihkan Celana Dalam Bercak Keputihan bagi Wanita

  • By Salwa Az Zahra
  • In Lihat
  • Posted 27 June 2022

Bagi kita para wanita pastinya pernah mengalami yang namanya keputihan. Keputihan sendiri itu apa sih sebenarnya? Dikutip dari Clarin Hayes, keputihan adalah keluarnya cairan apapun dari jalan lahir atau vagina selain darah. Keputihan sendiri dibagi menjadi 2, normal (fisiologis) dan tidak normal (patologis).

Bagaimana kita mengetahui keputihan kita normal atau tidak normal?

Ciri-ciri keputihan normal adalah cairan encer, tidak berbau, tidak berwarna, tidak gatal, dan jumlahnya sedikit. Biasanya terjadi pada masa-masa menjelang haid, ibu hamil, stress, konsumsi obat-obatan, dan rangsangan seksual.

Sedangkan keputihan tidak normal adalah cairan yang terjadi akibat reaksi tubuh terhadap luka, dimana luka ini bisa disebabkan oleh mikroorganisme. Cirinya bergumpal-gumpal, dan bewarna putih susu, encer berwarna hijau dan berbau anyir, warna abu-abu dan berbau amis. Keputihan tidak normal ini juga bisa disebabkan karena stres,dan memiliki kadar gula tinggi.

Jika seorang terkena keputihan dan tidak segera diobati maka lambat laun akan terjadi penumpukan kerak pada rahim (Keputihan – Rumah Sakit UNS, n.d). Hal ini bisa menjadi penyebab beberapa penyakit, seperti kanker, infeksi, radang bahkan menghalangi pembuahan karena terjadi penyumbatan. Segera konsultasikan ke dokter apabila dirasakan mulai ada keluhan keputihan yang abnormal. Jenis pengobatan keputihan sangat bergantung dari penyebab keputihan yang terjadi.

Pengobatan keputihan pada wanita akan berbeda-beda tergantung jenisnya. Untuk keputihan yang tergolong normal, anda tidak perlu melakukan tindakan medis. Anda cukup menjaga kebersihan organ kewanitaan secara rutin dan membersihkan lendir atau cairan yang keluar. Sedangkan, untuk keputihan yang tergolong tidak normal perlu dilakukan tindakan medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Obat keputihan wanita yang akan diberikan dokter meliputi:

1. Obat anti jamur

Obat anti jamur diberikan untuk mengatasi keputihan akibat infeksi jamur. Obat anti jamur tersedia dalam bentuk krim atau gel. Untuk penggunaannya, anda cukup mengoleskan obat tersebut ke bagian dalam vagina. Obat anti jamur yang biasa diberikan antara lain clotrimazole dan miconazole.

2. Obat antibiotik

Obat antibiotik digunakan untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh bakteri. Obat antibiotik tersedia dalam bentuk pil yang diminum atau krim oles. Obat    yang diberikan seperti clindamycin.

3. Obat metronidazole atau nidazole

Pemberian obat metronidazole atau tinidazole jika keputihan yang dialami disebabkan oleh trikomoniasis.

4. Obat tradisional

Selain dengan obat dokter, pengobatan untuk mengatasi keputihan juga bisa dilakukan menggunakan obat tradisional.

Keputihan dapat dihindari dengan berbagai cara, antara lain menghindari stress dan selalu menjaga kesehatan area genitalia kewanitaan dengan cara membersihkan vagina secara teratur. Selain itu, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina. Menggunakan pakaian dalam dari bahan katun yang lembut, sering mengganti pembalut saat menstruasi, menghindari pemakaian panty liner apabila tidak diperlukan, akan sangat membantu meminimalkan munculnya keluhan keputihan patologis.

Lalu bagaimana cara membersihkan celana dalam yang terkena keputihan?

Nah tips nya adalah sebagai berikut:

  1. Jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih daerah kewanitaan, karena komposisi sabun ini bisa menaikkan ph asam pada kemaluan, cukup dibersihkan pakai air bersih saja pada miss v.
  2. Lalu keringkan dengan handuk terlebih dahulu sebelum mengenakan celana dalam.
  3. Jangan lupa untuk sering mengganti celana dalam sehari 2x, supaya keputihan tidak menimbulkan bercak.
  4. Jika sudah terlanjur menimbulkan bercak di celana dalam, kamu bisa mencucinya dengan air hangat lalu menggosoknya pakai sikat dengan baking soda, atau juga menggunakan lemon lalu menyikatnya.

Referensi:

Keputihan – Rumah Sakit UNS (no date). Available at: https://rs.uns.ac.id/keputihan/ (Accessed: 25 June 2022).

Mencegah dan Mengobati Keputihan? Begini Caranya! (no date). Available at: https://ciputrahospital.com/cara-mencegah-dan-mengobati-keputihan/ (Accessed: 25 June 2022).

Penulis: Galuh Shalwa Rojabi (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Lailatul Yusnida (Airlangga Nursing Journalist)

 

Pin It
Hits 5229

Berita Terbaru