INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kenali Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh

  • By Salwa Az Zahra
  • In Lihat
  • Posted 12 July 2022

Kedelai diakui sebagai sumber protein dan serat maupun berbagai zat gizi mikro yang memiliki kontribusi unggul dalam pola kehidupan manusia. Banyak hasil olahan kedelai yang nilai gizinya semakin meningkat, salah satunya susu kedelai. Susu kedelai sebagai minuman olahan berbahan dasar kedelai yang bergizi tinggi, merupakan hasil proses ekstraksi protein yang terkandung dalam biji kedelai menggunakan air panas (Santoso, 2005).

Susu kedelai dapat menjadi pelengkap atau pengganti susu sapi pada balita dan anak-anak, mengingat kandungan gizi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Susu kedelai memiliki komposisi protein yang komplit, yang penting bagi pertumbuhan dan daya tahan tubuh anak-anak. Protein kedelai mempunyai kandungan asam amino esensial yang paling tinggi dibanding dengan kacang-kacangan lainnya. Biji kedelai juga mengandung karbohidrat, vitamin B, vitamin D dan kalsium yang berguna bagi pertumbuhan tulang dan gigi, juga mengandung lecithin yang membantu perkembangan sel otak. Selain itu susu kedelai juga mengandung lemak, fosfor, zat besi, provitamin A, vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air (Ridawati dan Kurnia, 2007).

Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Susu kedelai memiliki manfaat yang baik dalam menjaga imunitas tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan protein, vitamin dan mineral yang diketahui baik untuk mendukung kinerja sel darah putih serta menghasilkan antibodi. Selain itu, susu kedelai juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bakteri atau virus penyebab penyakit. Sehingga, tubuh bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit.

2. Menjadi Susu Alternatif

Susu kedelai bisa menjadi pilihan alternatif susu sapi yang baik bagi Anda. Karena, susu kedelai tidak mengandung laktosa dan protein pemicu reaksi alergi yang terdapat di dalam kandungan susu sapi. Susu kedelai juga tidak mengandung gluten, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi gluten atau penyakit celiac.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat kepadatan tulang juga ikut berkurang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang agar kepadatan tulang selalu terjaga dan terlindungi. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai. Susu kedelai ini kaya dengan kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

4. Mencegah Terjadinya Risiko Kanker

Manfaat lain dari susu kedelai adalah mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker prostat pada pria. Manfaat ini berasal dari kandungan isoflavon di dalam susu kedelai. Sehingga, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, susu kedelai juga baik untuk mengurangi risiko terjadinya kanker payudara.

5. Mengurangi Gejala Menopause

Produksi hormon estrogen akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Inilah yang menjadi salah satu penyebab wanita mengalami gejala menopause, seperti vagina kering, kelelahan serta rasa panas dan berkeringat pada malam hari. Untuk meredakan gejala menopause, Anda dapat mencoba rutin untuk mengkonsumsi susu kedelai. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan isoflavon pada susu kedelai memiliki sifat fitoestrogen, sehingga mampu menjaga kadar hormon estrogen di dalam tubuh tetap seimbang.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu kedelai memiliki sumber kalium, protein, antioksidan serta omega-3 yang baik. Kandungan nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik serta menjaga kestabilan tekanan darah. Itulah sebabnya konsumsi susu kedelai dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

7. Mencegah Anemia

Susu kedelai merupakan minuman yang baik untuk mencegah anemia. Manfaat ini berasal dari kandungan folat, zat besi dan vitamin B12 yang berperan penting dalam produksi sel darah merah. Susu kedelai juga dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk mencegah anemia pada orang yang menjalani pola makan vegetarian.

Itulah berbagai manfaat susu kedelai yang dapat kita peroleh jika mengkonsumsinya. Jenis susu kedelai ini juga telah terbukti aman dikonsumsi bagi ibu hamil, ibu menyusui bahkan bagi penderita kanker payudara. Namun, pastikan Anda tidak alergi terhadap kacang kedelai, ya!

Referensi:

Kim, I.S. (2021). Current Perspectives on the Beneficial Effects of Soybean Isoflavones and Their Metabolites for Humans. Antioxidants, 10(7), pp. 1064.

Migala, J. Everyday Health (2019). All About Soy Milk: Nutrition, Benefits, Risks, and How It Compares With Other Milks.

Purwanti, Ani. (2018). Pengenalan Pembuatan Susu Sehat Bernutrisi dari Kedelai untuk Berwirausaha di Dusun Blawong II Trimulyo Jetis Kabupaten Bantul. Jurnal Inovasi Proses, Vol 3. No. 2.

Penulis : Sabita Ibtisamah (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Lailatul Yusnida (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 1682

Berita Terbaru