INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Empat Bagian Lebah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

  • By Rosita
  • In Lihat
  • Posted 14 July 2022

Pasti kita semua sudah mengetahui apa itu lebah. Lebah adalah binatang bersayap yang dapat menghasilkan madu. Lebah merupakan serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok, biasanya mereka memiliki seorang ratu lebah yang bertugas sebagai pemimpin. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari, oleh karena itu lebah sangat bermanfaat bagi lingkungan karena membantu proses pembuatan pada tumbuhan.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa lebah merupakan hewan penghasil madu yang sering kita konsumsi. Namun, ternyata tidak hanya madu yang bisa kita dapatkan dari hewan satu ini, berikut 4 bagian lebah yang dapat kita manfaatkan untuk kesehatan:

1. Madu

Madu merupakan cairan manis yang dibuat oleh lebah madu dengan menggunakan nektar pada tanaman berbunga. Terdapat sekitar 320 jenis madu yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri pada warna, bau, dan rasa. Madu mengandung sebagian besar gula serta campuran asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zinc, dan antioksidan. Selain bermanfaat sebagai pemanis alami, madu digunakan sebagai zat antiinflamasi, antioksidan dan antibakteri. Pada umumnya, madu digunakan melalui oral untuk mengobati batuk.

2. Sarang madu

Tidak sekadar terasa manis, sarang madu atau honeycomb juga mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan. Honeycomb mengandung nutrisi seperti karbohidrat dan antioksidan. Selain itu, di dalam sarang lebah madu ini mengandung protein, vitamin, dan mineral yang menawarkan manfaat lain seperti baik untuk kesehatan jantung. Kandungan asam lemak dan alkohol ester pada honeycomb diduga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol yang memicu penyakit jantung kemudian dapat membantu mencegah infeksi. Karena tidak diproses, madu murni pada honeycomb masih mengandung enzim glukosa oksidase yang bersifat antimikroba dan antibakteri.

3. Sengat Lebah

Menurut beberapa terapis dan ahli sengat lebah, racun lebah mengandung senyawa dengan efek antiradang. Senyawa ini diyakini dapat meningkatkan penyembuhan kondisi tertentu dan mengurangi rasa sakit. Salah satu senyawa yang mengandung sifat antiradang di dalam sengatan lebah adalah melittin. Terapi sengat lebah adalah jenis terapi alternatif yang menggunakan sengatan lebah pada titik-titik tertentu di tubuh. Terapi ini juga dikenal sebagai terapi racun lebah atau apitherapy.

4. Propolis/ Getah lebah

Lebah bisa menghasilkan senyawa propolis yang dibuatnya dari getah pada pohon atau tumbuhan berdaun jarum. Getah pohon itu tercampur dengan air liur lebah dan beeswax, maka akan menghasilkan cairan berwarna cokelat kehijauan yang lengket, itu adalah propolis. Menurut hasil penelitian, ada sekitar 300 senyawa yang ada dalam propolis. Sebagian besar senyawa itu ada dalam bentuk polifenol. Polifenol ini adalah zat antioksidan yang bisa melawan penyakit dan kerusakan di tubuh. Selain itu, propolis mengandung senyawa antibakteri, antivirus, antijamur, dan anti-peradangan.

Nah, sekarang kita menjadi tahu bahwa ternyata tidak hanya madu saja yang yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kesehatan tetapi masih ada hal lain seperti sarang lebah, kemudian ada sengat lebah, dan propolis/ getah lebah yang ternyata juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

 

Sumber:

Putiyanti. N (2020) Ayo Kenalan Sama Lebah. Kemendikbud

Savhanna, S.(2021) 7 Unique Health Benefits of Honey. Healthline

 

Penulis: Ratih Islami (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 16039

Berita Terbaru