INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cari Waktu yang Tepat Berolahraga Lari untuk Kesehatan Tubuh

  • By Rosita
  • In Lihat
  • Posted 26 July 2022

Siapa sih yang tidak tahu Olahraga ini? Pasti kita semua tahu atau bahkan olahraga lari merupakan olahraga wajib yang sering kita lakukan. Umumnya, orang melakukan lari di pagi hari. Namun, ada juga yang memilih untuk lari sore hari. Lalu apa manfaat lari bagi kesehatan tubuh? Adakah perbedaannya dengan manfaat yang didapatkan dari perbedaan waktu lari seperti pagi, sore, dan malam hari ? Pasti kalian penasaran kan, mari kita ulas olahraga lari di bawah ini.

Berlari dengan rutin memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Dari sebuah studi yang dikutip Healthline menunjukkan bahwa berlari hanya 5-10 menit setiap hari dengan kecepatan sedang dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung, stroke, dan penyakit umum lainnya. Namun, penelitian yang sama menunjukkan bahwa manfaat ini mencapai 4,5 jam seminggu, yang berarti kita tidak perlu berlari berjam-jam setiap hari.

Adapun manfaat lainnya dari olahraga lari bagi tubuh, meliputi:

• Pengurangan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke

• Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

• Risiko lebih rendah terkena kanker

• Risiko lebih rendah terkena penyakit neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson

Setelah kita mengetahui manfaat dari olahraga lari, maka kita juga perlu tahu waktu yang tepat dan efektif untuk melakukan olahraga lari. Menurut dr. Grace Joselini Corlesa, Sp. KO, MMRS, Semua waktu sebenarnya baik untuk berolahraga, yang terpenting konsisten dan dapat melakukannya di waktu ternyaman dari masing-masing individu. Sedangkan untuk lari di malam hari perlu memperhatikan rentang waktu antara selesai berolahraga dengan waktu istirahat yaitu sekitar 3-4 jam. Hal tersebut dimaksudkan agar nadi sudah kembali normal dan tidak mengganggu istirahat.

Pada orang-orang yang memilih olahraga di pagi hari biasanya mendapatkan manfaat yang segar karena berolahraga dengan keadaan udara yang sejuk, lebih bertenaga karena belum melakukan aktivitas fisik, mendapatkan fokus untuk seharian bekerja, serta lebih aktif dan bersemangat. Menurut studi yang diterbitkan di The Journal of Physiology, membahas manfaat dari olahraga pagi bagi tubuh,menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan pada pukul 7 pagi dapat membantu memulai aktivitas lebih awal di hari berikutnya.

Lalu bagaimana dengan lari sore? Menurutnya, manfaat olahraga yang didapat dari masing-masing waktu tetap sama saja. Asalkan tetap dilakukan dengan kaidah baik, benar, terukur, dan teratur.

Namun, banyak yang anggapan lari sore lebih efektif karena biasanya orang mempunyai waktu luang lebih banyak ketika sore hari, setelah semua aktivitas pekerjaan selesai dilakukan. Bukan hanya itu, lari sore juga diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Tentu hal ini sangat baik dilakukan bagi orang-orang yang mempunyai gangguan tidur. Serta manfaat lainnya yaitu dapat membebaskan stress di pagi hari.

Menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, ditemukan bahwa 76-83% orang yang berolahraga di malam hari mengalami peningkatan kualitas tidur dibanding yang tidak olahraga sama sekali. Pada rentang waktu sore hingga malam hari, tubuh juga memiliki waktu reaksi paling cepat.

Maka dari itu, dari sini dapat disimpulkan bahwa waktu terbaik untuk olahraga lari ini sebenarnya bervariasi pada setiap orang, tergantung pada preferensi, gaya hidup, dan kondisi tubuh setiap orang.

Sumber:

Aisyah.S .2021.Olahraga Pagi Bisa Perbaiki Suasana Hati. DetikHealth

Pacheco. D. 2022. Exercise and Sleep. Sleep Foundation

Pletcher. P. 2018.What’s the Best Time of Day to Exercises?. Healthline

 

Penulis: Ratih Islami (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 850

Berita Terbaru