INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pahami Pentingnya Medical Check Up untuk Antisipasi Penyakit

  • By Rosita
  • In Lihat
  • Posted 28 July 2022

Melakukan gaya hidup sehat adalah suatu kewajiban agar tubuh tetap sehat. Namun, melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh atau medical check up juga perlu dilakukan secara rutin. Medical check up merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui pemeriksaan ini, diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan dapat dideteksi sejak dini. Tes ini sekaligus berguna untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang lebih luas.

Saat medical check up, pasien akan menjalani sejumlah tahap pemeriksaan, meliputi konsultasi mengenai keluhan yang sedang dialami, pencatatan dan pemeriksaan berkaitan dengan riwayat kesehatan, serta pemeriksaan tanda-tanda vital tubuh dan kondisi fisik secara umum. Melakukan pemeriksaan rutin medical check up perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali. Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Melakukan Medical Check Up

1. Mendeteksi Kondisi Kesehatan atau Penyakit Sejak Dini

Melakukan medical check up dapat membantu kita untuk mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu pada kondisi kesehatan tubuh dapat diketahui dan segera untuk ditangani. Hal ini membantu dokter untuk menentukan pengobatan atau pencegahan penyakit yang lebih serius.

2. Mengurangi Risiko Komplikasi dari Suatu Penyakit

Medical check up dapat membantu dokter untuk memantau kondisi tubuh yang sebenarnya. Sehingga, selain melakukan berbagai pencegahan, dokter juga dapat menentukan tindakan terbaik agar tidak terjadi komplikasi penyakit lainnya.

3. Meningkatkan Kesempatan untuk Sembuh

Penyakit memiliki tingkat keseriusan atau keganasannya masing-masing. Oleh karena itu, perlu dilakukan medical check up secara rutin minimal 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi tubuh saat itu juga. Apabila ditemukan kegawatan atau gejala penyakit serius, dokter dapat segera melakukan tindakan yang tepat agar dapat sembuh secara cepat.

4. Mengurangi Biaya Perawatan Kesehatan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Medical check up dapat menjadi panduan perencanaan kesehatan dalam mempersiapkan pelayanan kesehatan yang diperlukan oleh tubuh. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, maka dapat membantu menemukan potensi masalah kesehatan sebelum menjadi masalah yang lebih serius. Jadi, dengan mendapatkan layanan kesehatan, pemeriksaan, dan perawatan yang benar, maka kita telah mengambil langkah penting untuk menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Prosedur Medical Check Up

Bentuk-bentuk tes dalam medical check up sangat beragam. Tes yang dilakukan akan disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan pasien. Berikut ini adalah beberapa tes atau pemeriksaan yang dapat dilakukan dalam medical check up:

1. Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Pada tahap awal medical check up, pasien akan melakukan tanya jawab dengan dokter mengenai keluhan kesehatan yang sedang dialami dan riwayat kesehatan pasien serta keluarga. Dokter juga akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai gaya hidup, seperti pola makan, intensitas olahraga, kebiasaan merokok, dan mengonsumsi minuman beralkohol.

2. Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital

Tanda-tanda vital yang diperiksa dalam medical check up di antaranya, frekuensi denyut jantung, frekuensi pernapasan, suhu tubuh, dan pengukuran tekanan darah.

3. Pemeriksaan Fisik

Pada saat pemeriksaan fisik dilakukan, pasien diminta berdiri, duduk, ataupun berbaring, tergantung bagian tubuh mana yang akan diperiksa. Pemeriksaan fisik biasanya dimulai dengan mengukur berat dan tinggi badan pasien untuk mengetahui bila terdapat kelebihan atau kekurangan berat badan. Setelah itu, dokter akan memeriksa seluruh kondisi tubuh, mulai dari kepala sampai kaki.

4. Pemeriksaan Penunjang

Selain pemeriksaan di atas, jika diperlukan, beberapa pemeriksaan penunjang di bawah ini juga dapat dilakukan untuk memperkuat diagnosis, seperti pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan pencitraan, pemeriksaan rekam jantung, serta pemeriksaan pap smear.

Itulah tadi beberapa informasi seputar medical check up yang dapat Anda pertimbangkan untuk dilakukan demi menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam kondisi sehat serta penyakit dapat segera diatasi dan ditangani dengan tepat.

 

Sumber:

RS PKU Muhammadiyah. (2022). Manfaat Pemeriksaan Medical Check Up.

Shiel Jr, W.C. Emedicinehealth (2020). General Medical Checkup Check List, When, and How Often.

Stol, Y.H., Asscher, E., & Schermer, M. (2017). What Is a Good Health Check? An Interview Study of Health Check Providers' Views and Practices. BMC Medical Ethics, 18 (1), pp. 55.

 

Penulis: Sabita Ibtisamah (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 2121

Berita Terbaru