INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Aplikasi Reminder Minum Obat Berbasis SMS Gateway untuk Pasien Rawat Jalan

  • By Salwa Az Zahra
  • In Lihat
  • Posted 28 July 2022

Aplikasi berbasis web yang dibuat dengan MySQL sebagai media penyimpanan data serta Gammu sebagai SMS Gateway ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit dengan cara membantu mengingatkan para pasien akan jadwal minum obat. Aplikasi ini dibuat melalui serangkaian tahapan mulai dari pengumpulan data, perancangan, implementasi, dan evaluasi.

Dengan menggunakan aplikasi pengingat jadwal minum obat ini, dapat meminimalisir kelalaian pasien terhadap jadwal minum obat mereka. Proses penyampaian informasi yang singkat, jelas, dan langsung kepada pasien membuat mereka merasa semakin diperhatikan. Hal ini, juga dapat membuat citra rumah sakit semakin baik dan dapat memberikan pelayanan dan pengabdian yang lebih baik kepada para pasiennya.

Perkembangan dan kemajuan teknologi di berbagai bidang, dapat dimanfaatkan pada bidang kesehatan khususnya untuk dapat membantu dalam proses pengobatan. Salah satu bentuk pelayanan pasien yang memanfaatkan teknologi adalah dengan cara memberikan layanan pengobatan kepada pasien di rumah. Teknologi komunikasi bergerak, seperti handphone juga semakin berkembang dewasa ini, salah satu fitur dari handphone yang banyak digunakan adalah Short Message Service (SMS).

Melalui SMS maka dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi. Teknologi dan fasilitas inilah yang dapat dimanfaatkan oleh pihak rumah sakit untuk penyampaian dan pengolahan informasi kepada pasien. Penggunaan handphone dan SMS yang mudah, biaya terjangkau, serta terdapat cakupan wilayah pelayanan yang luas membuat informasi dapat disampaikan kepada pasien kapanpun dan dimanapun dibutuhkan. Informasi yang disampaikan juga dapat disimpan serta dilihat kembali bila dibutuhkan.

Tingginya tingkat kesibukan pasien seringkali dapat membuat mereka melewatkan waktu berobat ataupun minum obat. Pada beberapa penyakit, kondisi ini sungguh merugikan, karena dapat membuat pasien harus mengulang proses pengobatan sejak awal. Hal ini, tentunya butuh waktu dan biaya kembali. Mengingat tingginya tingkat kesibukan pasien, maka perlu diingatkan hal-hal terkait proses pengobatan supaya tidak terlewatkan. Layanan pengingat atau reminder seperti ini semakin didukung oleh ketersediaan operator jaringan handphone dengan jangkauan sinyal yang juga semakin meluas, baik dari operator GSM (Global Service for Mobile Communication) maupun operator CDMA (Code Division Multiple Access).

Aplikasi reminder berbasis SMS Gateway dibuat untuk membantu mengingatkan pasien tentang jadwal minum obat. Melalui sistem berbasis SMS inilah diharapkan dapat mempermudah, mempercepat, dan juga menghemat biaya dalam melakukan penyampaian informasi berupa jadwal minum obat kepada pasien. Sehingga pada akhirnya, diharapkan dapat meningkatkan layanan rumah sakit kepada para pasiennya.

Interface aplikasi bagi pihak admin di rumah sakit dibuat berbasis web. Mengingat bahwa telekomunikasi dan teknologi web dapat menyediakan dukungan yang luas dalam proses penyampaian informasi. Aplikasi ini juga dapat diakses melalui berbagai handphone dan berbagai operator jaringan, baik GSM dan CDMA.

Pada halaman penjadwalan reminder, admin dapat menjadwalkan pesan reminder yang sesuai dengan banyak waktu minum obat pasien dalam sehari. Data pasien yang terdapat pada halaman ini diambil dari data pasien yang sudah terdaftar dalam basis data sistem. Cara menjadwalkan reminder dengan memilih banyaknya waktu minum obat pasien dalam sehari, yang dibatasi melalui menu tombol pengingat satu kali untuk menjadwalkan reminder pengobatan yang satu kali sehari, tombol pengingat dua kali menjadwalkan reminder pengobatan yang dua kali sehari dan tombol pengingat tiga kali menjadwalkan reminder pengobatan yang tiga kali sehari.

Selain itu, dibutuhkan persyaratan bagi petugas rumah sakit yang akan menjadi admin dari sistem reminder ini. Untuk menjaga performance sistem agar dapat melayani pasien setiap saat, maka admin harus bekerja selama 24 jam. Admin juga harus dilatih supaya tidak hanya mengenal dan dapat menggunakan komputer dan handphone saja, namun juga mengenal jenis dan informasi obat-obatan.

Pada dasarnya sistem reminder ini dapat digunakan oleh semua pasien yang membutuhkan. Tidak ada persyaratan khusus bagi pasien maupun handphone yang digunakan oleh pasien untuk menerima dan mengirim SMS. Gambar diatas merupakan contoh tampilan SMS yang masuk ke handphone pasien berisi konfirmasi, apakah pasien sudah meminum obatnya sesuai jadwal. Pasien juga dapat membalas SMS ini sesuai dengan format yang ada.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembuatan sistem reminder ini yaitu informasi yang disampaikan melalui SMS yang dikirimkan oleh sistem ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing pasien. Pasien juga dapat lebih dilayani karena mendapatkan respon langsung saat terjadi kesalahan atau lupa dengan dosis obat pasien.

Penerapan sistem ini cukup mudah dan murah, sehingga dapat menjangkau berbagai macam kategori pasien dan rumah sakit. Sistem ini juga dapat membantu pihak rumah sakit untuk meningkatkan kinerja rumah sakit dalam mengontrol atau mengawasi pasien yang sedang dalam kondisi rawat jalan. Selain itu sistem ini juga dapat membantu proses pengobatan pada pasien yang menderita sakit yang memerlukan pengobatan secara rutin, seperti pasien tuberkulosis, tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit serius lainnya, agar tidak mengulang proses pengobatannya dari awal karena lupa meminum obatnya.

Penulis: Hanifah Kharisma (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Lailatul Yusnida (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 2001

Berita Terbaru