INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Yuk, Atasi Insomnia!

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 03 August 2022

 

Penting untuk mengetahui apa penyebab dari insomnia sehingga gangguan tidur ini bisa dengan mudah diatasi. Faktor penyebab insomnia bisa bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup, kenyamanan ruangan kamar, gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, hingga efek samping obat-obatan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, antara lain:

1. Lakukan Relaksasi

Sebagai langkah relaksasi, Anda bisa melakukan yoga atau pilates sebelum tidur. Keduanya mampu memberikan rasa nyaman dan tenang, sehingga lebih mudah mendapatkan tahap tidur nyenyak. Relaksasi juga bisa dilakukan dengan mandi air hangat, mendengarkan musik, menonton drama, atau aktivitas lainnya yang disukai.

2. Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga akan memengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

3. Suasana Kamar yang Nyaman

Mungkin, insomnia terjadi karena suasana kamar yang tidak nyaman. Jika insomnia terjadi secara berkepanjangan, maka cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Bisa juga mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

4. Konsumsi Makan Sehat

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Ini karena mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. Selain kafein, meminum alkohol memang dapat membuat seseorang mudah tertidur, tetapi tidak bisa sampai membuat terlelap.

5. Berolahraga

Mengatasi insomnia juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas.

Penulis : Natasya Putri R.

Editor: Rifdayanti M. Amalia

Sumber : halodoc.com

Pin It
Hits 965

Berita Terbaru