INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat Niacinamide Untuk Perawatan Kulit dan Wajah

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 03 August 2022

“Niacinamide merupakan salah satu bahan perawatan kulit yang sedang digandrungi. Bahkan review produk skincare yang mengandung niacinamide ada dimana-mana. Manfaat niacinamide diduga mampu memudarkan bintik hitam, memperlambat penuaan, hingga mengurangi iritasi pada kulit sensitif.”

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi sel-sel dalam tubuh. Niacinamide juga terkandung dalam makanan, seperti dada ayam, salmon, dan beras merah. Bahkan juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Penasaran seperti apa manfaat lengkap dari niacinamide bagi kecantikan dan kesehatan kuli? Berikut ulasannya!

1. Memudarkan Bintik-Bintik Hitam

Jika kamu mulai memiliki bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari, maka sudah saatnya untuk mempertimbahkan niacinamide. Dalam konsentrasi tertentu, niacinamide dianggap mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmentasi atau melanin, dan memperbaiki warna kulit.

2. Membuat Kulit Tampak Bersih

Manfaat niacinamide dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak dan sebum untuk mengurangi jerawat, sehingga kulit bersih dan cerah. Terlebih lagi, bahan ini juga dikenal sebagai antiinflamasi. Namun, hindari niacinamide saat jerawat meradang.

3. Melawan Radikal Bebas

Sinar UV, polusi, stres, kurang tidur, dan faktor lainnya semuanya dapat menciptakan radikal bebas (molekul tidak stabil) yang merusak sel-sel kulit sehat. Hal tersebut dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti perubahan warna dan kerutan. Manfaat niacinamide yaitu memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan.

4. Melembabkan Kulit

Salah satu manfaat niacinamide yang paling dirasakan yaitu sebagai pelembab kulit. Sama seperti gliserin dan asam hialuronat, niacinamide juga dapat meningkatkan kelembapan kulit. Niacinamide juga membantu meningkatkan pelindung kulit, mencegah kekeringan, dan menghentikan potensi iritasi.

5. Mengurangi Iritasi

Manfaat niacinamide yang terbaik yaitu mendukung penundaan penuaan yang berpotensi menyebabkan iritasi. Niacinamide dapat menenangkan kulit dan membatasi iritasi yang disebabkan oleh pengelupasan kulit. Bahan ini juga dapat digunakan untuk meredakan kemerahan dan peradangan.

 

Penulis : Callista Dora Islamey Pasya

Editor : Risky Nur Marcelina

 

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/ini-manfaat-niacinamide-untuk-perawatan-kulit-dan-wajah

Pin It
Hits 1907

Berita Terbaru