INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mitos atau Fakta, Terlalu Sering Minum Es atau Air Dingin Penyebab Flu

  • By Rosita
  • In Lihat
  • Posted 11 August 2022

Minum minuman dingin atau es tidak berhubungan langsung dengan flu. Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara mengkonsumsi minuman dingin atau es dengan pilek. Flu bisa disebabkan oleh banyak hal, tetapi yang paling umum adalah virus dan bakteri.

Flu merupakan penyakit umum yang paling banyak dialami oleh setiap orang. Flu biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung dan tenggorokan. Tidak jarang, Flu juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Flu bukanlah penyakit yang berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu hingga sepuluh hari.

Sebaiknya kita harus menyadari bahwasanya virus dan bakteri ini ada di mana-mana, seperti saat kondisi tangan kita kotor, udara tidak bersih, atau disebarkan oleh orang lain. Apalagi jika daya tahan tubuh lemah sehingga mudah terserang batuk dan pilek. Selain itu, jajanan kotor yang kita beli di pinggir jalan juga bisa menyebarkan virus dan bakteri.

Kita semua tahu bahwa bukan es yang memperburuk pilek, tetapi kandungan bakteri di dalamnya. Jika air yang digunakan untuk membuat es batu benar-benar bebas bakteri, maka kita boleh meminum es tersebut. Namun, jika es dibuat dengan air mentah atau tidak bersih, lendir dapat menumpuk di hidung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

Untuk menghindari kontaminasi bakteri, saat Anda ingin membeli es batu di toko, perhatikan baik-baik cara pembuatan es batu dan tempat penyimpanannya untuk memastikan es batu benar-benar bersih. Lebih baik lagi jika membuat sendiri es batu yang terjamin kualitasnya di rumah.

Oleh karena itu, tidak ada pantangan minum es saat sedang flu, asalkan es yang diminum bersih. Tentu saja, kita harus makan makanan yang sehat dan istirahat yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan. Jika flu semakin parah, maka segera periksakan kondisi Anda ke fasilitas pelayanan terdekat.

Manfaat Minum Air Dingin/Es

Beberapa orang percaya bahwa minum air dingin atau air es merupakan kebiasaan buruk yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan jangka panjang. Namun, pada kenyataannya minum air es tidak selalu buruk. Ada beberapa manfaat yang didapat saat minum air es, seperti:

1. Meningkatkan selera minum air dan dapat menghidrasi tubuh

2. Menormalkan detak jantung

3. Melawan Heat Stroke

4. Meningkatkan produksi adrenalin

5. Mencegah kram otot

6. Menyehatkan ginjal

7. Membakar kalori

8. Mencegah infeksi

9. Membersihkan usus

10. Menyegarkan tubuh

11. Membantu proses pencernaan

 

Referensi:

Alodokter. 2019. Penyebab pilek. https://www.alodokter.com/pilek. Diakses tanggal 25 Oktober 2021

Alodokter. 2019. Manfaat Minum air es atau air dingin untuk tubuh. https://www.alodokter.com/menilik-manfaat-air-es-bagi-kesehatan. Diakses tanggal 27 Oktober 2021

Halodoc. 2019. Saat Pilek Harus Hindari Minum Es, Benarkah. https://www.halodoc.com/artikel/saat-pilek-harus-hindari-minum-es-benarkah. Diakses tanggal 25 Oktober 2021

IndMedis.com. Benarkah Minuman Dingin Menyebabkan Pilek dan Batuk https://idnmedis.com/benarkah-minuman-dingin-menyebabkan-pilek-dan-batuk. Diakses tanggal 25 Oktober 2021

Kathryn Watson, Natalie Olsen, R.D., L.D., ACSM EP-C. What Are the Risks and Benefits of Drinking Cold Water? Healthline; 2018.

 

Penulis: Ida Sholihatun Nisa’ (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 39439

Berita Terbaru