INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mata Tetap Sehat Selama Daring

  • By
  • In Lihat
  • Posted 29 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Pada masa pandemi saat ini para mahasiswa dan murid sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar secara online atau daring .Hal ini mengharuskan para siswa itu selalu menatap ke layar laptop maupun handphone .

Hal ini pun tidak bisa dihindari dan tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan khususnya di bagian mata. Contohnya seperti computer vision syndrome (CVS) serta eye strain yang menyebabkan mata kering, merah, dan gejala lainnya yang membuat tidak nyaman.

Menjaga kesehatan mata merupakan suatu hal yang penting,mengingat mata merupakan organ vital yang tergolong penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki kesadaran cukup tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada penglihatan.

Apabila mata sudah mengalami gangguan atau kerusakan ,cara memperbaikinya pasti tidak akan mudah .Beberapa jenis kerusakan pada mata ada yang dapat menyebabkan efek negatif dan sulit disembuhkan .Cara yang mudah untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsummsi makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin A .

Agar mata tidak mudah lelah karena menatap layar laptop terlalu lama anda dapat melakukan hal-hal berikut ini :
1. Gunakan aturan 20-20
Dilansir dari American Optometric Association (AOA),kita bisa menerapkan aturan 20-20 untuk menjaga mata agar tidak lelah . Caranya adalah setiap 20 menit ubah pandangan matamu ke sebuah benda yang berjarak sekitar 20 kaki selama 20 detik. Hal ini akan membuat mata menjadi rileks, karena persepsi pandangan berubah dari jarak dekat ke jarak jauh.
2. Jangan lupa berkedip
Sebagian orang sering lupa berkedip pada saat menatap layar laptop maupun handphone .Bekedip sangat berguna untuk menjaga kelembapan mata ,agar mata tidak terasa kering.
3. Atur kecerahan pada layar
Mengurangi brightness (kecerahan) layar, mengubah spektrum warna (menjauhi warna biru), dan mengubah skema warna menjadi hitam atau putih tergantung waktu dapat menjadi strategi untuk menjaga kesehatan mata. Cobalah untuk mengatur setting di komputer sehingga mata lebih nyaman di saat menatap layar.
4. Konsumsi makanan sehat
Walaupun mempunyai banyak tugas sekolah maupun kuliah ,kita juga harus memperhatikan asupan makanan kita sehari-hari.Agar mata tetap sehat cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein.Kandungan nutrisi tersebut bisa kita dapatkan di sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk.
5. Kacamata pelindung
Menjaga kesehatan mata salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata, terutama saat beraktivitas di luar ruangan atau di depan komputer. Agar mata tidak mudah rusak, kamu bisa mengenakan kacamata anti-radiasi jika harus belajar pada waktu yang lama di depan komputer.
6. Rutin Periksa Mata
Rutin melakukan pemeriksaan pada mata juga bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah kerusakan. Sebab, pemeriksaan mata bisa memantau kondisi bagian tersebut dan gangguan atau masalah kesehatan yang muncul bisa segera dideteksi. Disarankan bagi orang yang berusia lanjut ataupun muda, baik pria maupun wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

Menjaga kesehatan mata bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh mata ,berikut nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan mata :
a) Kuning telur, susu, mentega, minyak hati ikan. Merupakan sumber vitamin A aktif
b) Sayuran berwarna hijau dan buah berwarna kuning jingga. Seperti kangkung, jagung, bayam, kacang panjang, buncis, tomat, pepaya, mangga, jeruk. Merupakan sumber karoten yang baik untuk mata
c) Sumber vitamin E seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan serealia. Karena dapat meningkatkan kerja vitamin A
d) Merupakan sumber DHA dan berfungsi mencegah terjadinya mata kering
e) Sumber vitamin B2 (Riboflavin) seperti susu dan olahan, serta sayuran hijau. Bila tubuh kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan mata panas, gatal, tidak tahan terhadap cahaya, kehilangan ketajaman mata dan pembesaran pembuluh darah di sekitar kornea mata.
f) Dapat mencegah katarak. Contoh : Teh, jeruk, blueberry dan kacang-kacangan
g) Sumber Vit C : Dapat mencegah maya kering. Contoh : Jeruk, papaya, tomat, nanas
h) Kekurangan Zinc dapat mengganggu metabolismen vit. A contoh : Daging, telur dan serealia.

Sebagai tips tambahan, cara menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Bila mata terasa gatal atau berubah merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dengan air dingin. Jika kamu merasa seperti ada butiran pasir di mata, maka bilas dengan air bersih.

Referensi :
https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/artikel-kesehatan-mata-penjelasan- lengkap-secara-umu-12 (diakses pada tanggal 14 Oktober 2020)
https://www.idntimes.com/health ( diakses pada tanggal 14 Oktober 2020)

Pin It
Hits 1319