INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud, Benar Atau Salah?

  • By
  • In Lihat
  • Posted 29 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Telinga merupakan organ yang sangat penting dalam kehidupan kita, bisa dikatakan juga termasuk organ yang sensitif. Untuk itu, kita harus berhati-hati saat membersihkan telinga kita. Karena jika kita asal membersihkan, nantinya bisa mengakibatkan sesuatu yang buruk pada telinga kita. Banyak dari kita yang membersihkan telinga menggunakan cotton bud.Apa itu bias membantu atau malah memperburuk?

Ada satu kasus yang terjadi oleh warga negara Australiayang hamper kehilangan nyawa akibat membersihkan telinga dengan cotton bud. Ia bernama Jasmine dengan usia 37 tahun. Kebiasaan yang dilakukan Jasmine ini sudah ia lakukan selama bertahun-tahun. Sehingga dapat menyebabkan pemupukan sisa cotton bud dalam telinga dan menyebabkan infeksi telinga bagian dalam. Dari kasus ini, kita bisa belajar bahwa membersihkan telinga memang tidak boleh sembarangan.

Sebelum kita membahas cara membersihkan telinga dengan benar, kita harus tahu sebenarnya kotoran berwarna kuning dalam telinga itu apa? Sebenarnya yang berwarna kuning itu bukan kotoran telinga, melainkan ear wax. Dimana ear wax memiliki tekstur lengket seperti krim yang berfungsi menjaga kesehatan telinga, seperti mencegah bakteri maupun benda asing masuk ke dalam telinga, mencegah infeksi, melembapkan saluran telinga, dan melindungi gendang telinga.

Perlu kita tahu bahwa membersihkan telinga dengan cotton bud disarankan untuk bagian daun telinga saja. Hindari menggunakannya untuk membersihkan telinga di bagian dalam.

Mengorek telinga dengan cotton bud membuat kotoran semakin masuk ke dalam dan menyebabkan kotoran malah mengendap pada bagian dalam telinga yang panjangnya 2,5-3 cm saja. Kotoran yang mengendap dapat menjadi keras dan menghambat sirkulasi dalam telinga. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami gangguan pendengaran.

Mulai saat ini, mari kita hindari membersihkan telinga bagian dalam menggunakan cotton bud. Kita bisa beralih menggunakan obat tetes telinga yang berguna untuk melunakkan kotoran yang telah mengeras agar dapat mudah keluar dari telinga. Jika cara ini tidak berhasil, sebaiknya kunjungi dokter THT untuk membersihkan telinga dan bisa berkonsultasi mengenai cara pembersihan telinga yang benar agar tidak menyebabkan gangguan pada telinga.

Sumber : Halodoc

Pin It
Hits 1364