INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pentingnya Peduli Terhadap Kesehatan Mental di Masa Pandemi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 29 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 735

Hubungan dengan orang yang rutin berinteraksi dengan kita bisa mempengaruhi kesehatan mental kita, loh! Hal ini tidak terlepas dari “kondisi” hubungan kita dengan keluarga.

Ada sebagian orang yang semakin dekat hubungannya dengan keluarga, ada yang sama saja bahkan ada yang semakin menjauh. Semua ini tidak terlepas dari peranan dunia sosial yang serba online, mulai dari pekerjaan, pendidikan, hingga kebutuhan hiburan. Dapat disimpulkan bahwa pandemi yang sedang kita alami ini telah mengubah kehidupan kita semua, terutama pada aspek berhubungan dengan orang sekitar.

Wajar saja jika kita merasakan kecemasan, kesedihan atau bahkan kesepian. Semua hal itu tidak perlu dihindari, sambut saja dengan baik dan atasi dengan berprilaku dan berpikir positif. Berprilaku positif yang dimaksud disini adalah bagaimana cara kita berdamai dengan diri kita melalui suatu tindakan atau aktivitas. Aktivitas ini bisa berupa hobi atau kegiatan baru yang ingin kita jalani yang bernilai positif dan membuat mood kita meningkat. Akan lebih baik lagi jika setelah bangun pagi dan sebelum beraktivitas kita bisa menyugestikan pikiran dan mengimajinasikan kegiatan positif apa yang akan kita lakukan untuk hari itu.

Kesehatan mental itu penting, namun untuk menyadarkan diri kita akan pentingnya menjaga kesehatan mental itu jauh lebih penting. Tidak dapat dipungkiri bahwa suatu stress yang berkepanjangan dapat membuat sistem imun kita menurun dan menyebabkan suatu penyakit. Jadi, usahakan untuk selalu aware dengan kesehatan mental kita, karena suatu jalinan hubungan yang baik dengan orang lain pun tergantung dari kesehatan mental kita sendiri. Ini semua akan berdampak kepada masa depan kita nantinya.

 

Pin It
Hits 1162