INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

KESENIAN YOGA SEBAGAI PENUNJANG KESEHATAN

  • By
  • In Lihat
  • Posted 29 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Yoga, sebenarnya apa hubungan kesehatan tubuh dengan yoga?. Untuk menjawab sebuah hubungan Kesehatan yoga sebagai penunjang kesehatan, sebelumnya kita harus mengerti terlebih dahulu mengenai arti atau makna dari Yoga itu sendiri, secara umum, pengertian Yoga adalah sebuah upaya praktis yang dilakukan manusia dalam menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa. Dapat dilihat dalam bahasa Sansekerta yang menjadi induknya, berasal dari kata Yug yang berarti menggabungkan atau mengharmonikan, dengan demikian, secara garis besar yoga adalah usaha mengharmoniskan elemen spiritual dan fisikal seseorang manusia untuk mencapai kondisi ideal agar memudahkan harmoni antara lingkungan baik sesama mahluk atau alam dengan Sang Maha Pencipta.

Olahraga atau kesenian yoga ini pertama kali berasal dari India, keadaan yang mampu memusatkan dirinya pada satu objek tanpa terputus-putus, dalam jangka waktu yang lama serta tidak terpengaruh dengan objek lainnya disebut dengan meditasi, kemantapan dalam meditasi ini menyebabkan seorang mencapai keseimbangan diri atau pencerahan . Mempergunakan wujud kasar tubuh untuk membantu menjernihkan pikiran melalui serangkaian latihan fisik yang cermat dan penuh konsentrasi.

Secara ilmiah, olah fisik yoga dapat terbukti mampu memperbaiki, merawat, dan memperkuat struktur tulang dan otot, sedangkan dari sisi fisiologis berbagai gerakan dan olah pernapasan berdampak positif pada peredaran darah, memudahkan penyerapan gizi, dan membersihkan racun di berbagai anggota tubuh, untuk sisi psikologis dipercaya dapat mengendalikan konsentrasi, fokus dan ketenangan psikis. Untuk saat ini sebagian warga dunia mempraktikkan yoga yang popular terlebih di daerah barat adalah hatha yoga dimana berfokus pada teknik asana (postur), pranayama (olah napas), bandha (kuncian), mudra (gestur) serta relaksasi yang mendalam. Berbagai macam gerakan yang dilakukan dipercaya dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan, meredakan ketegangan, serta memberikan energi baru pada tubuh.

Dapat kita ketahui bahwa yoga sebagai penunjang kesehatan terbukti atas manfaat setelah melakukannya, yaitu seperti memiliki kemampuan berdiri yang baik, mampu berjalan lebih lama, mampu berlari lebih kencang, semua ini dilakukan tanpa meninggalkan rasa sakit setelah melakukannya, untuk fungsi utamanya sehingga menjadi penunjang kesehatan tubuh adalah dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan fungsi anatomi tubuh, meremajakan sel-sel tubuh agar terhindar dari penuaan dini, sebagai detoksifikasi, dan meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berpikir positif.

Sebagai contoh saja seorang yang memiliki sepasang kaki yang buruk, mudah letih, kram, dan tidak memiliki kekuatan yang cukup dengan latihan yoga yang baik dan rutin secara bertahap melakukan gerakan yoga pada tubuh, maka akan menghasilkan sensasi perubahan tersendiri sehingga membuat areal tersebut menjadi lebih terlatih dan berkualitas dalam keseharian seperti badan terasa bugar, ringan, dan ketenangan pola pikir akan mudah dirasakan. Dengan pemaparan pengertian serta hubungan manfaat yoga terhadap penunjang kesehatan diharapkan mampu menjadi acuan untuk menciptakan individu yang berkualitas dan sehat jasmani rohani tentunya dengan menggabungkan aspek nutrisi, latihan fisik, dan juga ketenangan psikis.

Penulis: Pratama Willi Bella Saputra
DAFTAR PUSTAKA
Lebang, Erikar. 2015. Yoga Atasi Backpain. Diakses dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=PnnkCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA15& dq=PENGERTIAN+YOGA&ots=6JFsCeSbpu&sig=AWpeJmnKDLbOmY1PHvZLfHm gKqw&redir_esc=y#v=onepage&q=PENGERTIAN%20YOGA&f=false pada tanggal 17 Oktober 2020
Sindhu. Pujiastuti. 2013. Panduan Lengkap Yoga: Untuk Hidup Sehat dan Seimbang. Mizan Digital Publising. Diakses dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=3m_PCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA15& dq=Yoga+untuk+kesehatan&ots=g67juIbbAA&sig=UvycRbqc4bcdxRSclpSfvZjsgIM&r edir_esc=y#v=onepage&q=Yoga%20untuk%20kesehatan&f=false pada tanggal 16 Oktober 2020
Suparta, Kade, Ida. 2020. Panduan Praktis Hatha Yoga Bagi Orang Modern. Diakses dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=hanSDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&d q=PENGERTIAN+YOGA&ots=4lyUajzSA&sig=Ely__iH4JkgUvadxJy6z9eFy5n0&redir_esc=y#v=onepage&q=PENGERTI AN%20YOGA&f=false pada tanggal 17 Oktober 2020

Pin It
Hits 1727