INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

ASAM URAT DI USIA MUDA

  • By
  • In Lihat
  • Posted 29 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 738

Asam urat adalah senyawa alami yang dimiliki oleh tubuh sebagai hasil sisa dari metabolisme purin yang akan diolah menjadi urine. Sebagai senyawa alami, keberadaan asam urat berfungsi sebagai antioksidan yang meregenerasi sel-sel di dalam tubuh dan juga berguna untuk melindungi lapisan pembuluh darah. Dengan kata lain, setiap peremajaan sel tubuh manusia membutuhkan asam urat.

Penyakit asam urat adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada umumnya, penyakit asam urat lebih sering menyerang orang-orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas karena menumpuknya kristal asam urat seiring berjalannya usia. Namun, saat ini saya sering melihat semakin banyak orang muda yang mengeluh masalah asam urat yang mereka alami, hal ini tak lain dapat kita lihat karena pola makan yang tidak sehat.

Saat ini kita melihat banyak anak muda atau bahkan kita sendiri yang tidak mengatur pola makannya, selagi masih muda merasa bebas mencoba segala sesuatu. Asam urat di usia muda menandakan jika pengidap terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi contohnya seperti seafood, daging, jeroan, makanan-makanan yang diawetkan dalam kaleng seperti kornet dan sarden, kaldu daging, minum-minuman beralkohol dan yang sedang tren adalah minuman-minuman yang manis.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Jika kadar asam urat berlebih maka akan terjadi penumpukan asam urat, akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih. Selain itu penyakit asam urat jika tidak segera diobati juga dapat menyebabkan kerusakan pada sendi, munculnya kelainan pada kadar insulin dalam darah yang menyebabkan hipertensi hingga berujung penyakit jantung koroner, diabetes, tophi yang bisa meradang dan membengkak, juga bisa menyebabkan penyakit katarak, sindrom mata kering, dan pengkristalan asam urat di paru-paru.

Oleh karena itu, setelah kita tau bahayanya penyakit asam urat bagi tubuh kita sebagai anak muda dan selagi masih muda, kita harus bisa mencegah penyakit ini terjadi kepada kita dengan cara mulai menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Kita tidak harus sampai berhenti memakan makanan yang tinggi kandungan purinnya untuk mencegah penyakit asam urat tetapi kita harus dapat membatasi jumlah makanan yang kita makan.

Penulis: SARA EUNIKE MICHELLE

Pin It
Hits 2426