INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Covid 19, Pandemi Yang Tak Kunjung Berakhir

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Covid 19 atau corona virus adalah penyakit yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada sistem pernapasan mulai dari gejala ringan hingga berat.

Covid 19 ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita,droplet yang dikeluaran penderita pada saat batuk, bersin , serta tangan yang menyentuh mulut, hidung, dan mata setelah menyentuh benda-benda yang terkontamnasi virus tersebut.

Covid 19 pertama kali terjadi di kota Wuhan, provinsi Hubei, China pada tanggal 31 desember 2019. Peningkatan jumlah kasus covid 19 yang berlangsung signifikan ke negara lain, sehingga sejak 11 maret 2020 WHO telah menetapkan wabah covid 19 sebagai pademi global. Berdasarkan data dari badan statistik Worldmeters, sudah ada lebih dari 15,5 juta orang yang terinfeksi virus corona di dunia.

Di indonesia sendiri kasus covid 19 pertama kali terjadi pada tanggal 2 maret 2020 . pada saat itu presiden Jokowi mengumumkan ada dua orang indonesia yang positif terjangkit virus corona. Kasus pertama tersebut diduga tertular dari seorang warga negara Jepang. Sudah terhitung 7 bulan indonesia berada dalam bayang-bayang covid 19. Hingga kini tanggal 16 oktober 2020 indonesia telah melaporkan 353.461 kasus positif menempati peringkat kedua terbanyak di Asia Tenggara setelah Filipina. Dalam hal angka kematian, indonesia menempati peringkat ketiga terbanyak di Asia Tenggara di Asia dengan 12.347 kematian.Lima negara dengan jumlah kasus covid 19 terbanyak yaitu Amerika Serikat, India, Brasil, Rusia dan kolumbia. Meskipun pandemi covid 19 yang tak kunjung berakhir adapun negara yang sudah terbebas dari covid 19 seperti New Zealand, China, Taiwan, Jerman, Denmark dan lainnya.

Tentunya negara yang terbebas dari virus corona telah bekerja keras semaksimal mungkin, didukung dengan warga negaranya yang patuh pada peraturan dan peduli akan adanya kesehatan. Oleh karena itu pentingnya meningkatan kesadaran masyarakat akan meminimkan kasus covid 19. Upaya yang dilakukan untuk menurunkan covid 19 harus terdiri dari elemen pemerintah,tenaga medis dan masyarakat. Dengan adanya pandemi ini semoga kita sadar lagi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan hidup sehat. Semoga pendemi covid 19 cepat berakhir.

Pin It
Hits 1632