INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

MENJAGA KESEHATAN DI ERA NEW NORMAL

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Sejak virus corona atau yang sering dikenal dengan sebutan Covid-19 ini masuk ke Indonesia, pemerintah telah melakukan banyak hal untuk mencegah penyebaran virus corona ini. Mulai dari diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga diberlakukannya New Normal saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah. Pemberlakuan new normal ini dilakukan dalam rangka mengembalikan aktivitas sosial masyarakat hingga memulihkan ekonomi masyarakat. Namun banyak orang yang masih tidak terbiasa dengan era new normal ini, karena banyak hal baru yang harus dilakukan demi mencegah penularan covid-19.

Dalam menghadapi era new normal, kita harus menjaga kesehatan fisik dan tentunya juga kesehatan mental. Kesehatan mental ini berhubungan dengan kondisi hati dan perasaan kita, dimana kita harus bisa mengubah kesulitan atau tekanan yang ada menjadi suatu hal yang positif. Hal itu bisa kita lakukan dengan senantiasa bersyukur, ikhlas dan juga sabar dalam menghadapi kesulitan atau tekanan tersebut.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan fisik sekaligus kesehatan mental dalam menjalankan era new normal ini yaitu :
1. Berolahraga secara rutin
Berolahraga secara rutin bisa dilakukan dalam waktu 10-15 menit setiap harinya. Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan dirumah, misalnya lari pagi, bisa juga melakukan yoga dirumah. Walaupun hanya sebentar, namun usahakan untuk berolahraga setiap harinya agar tubuh kita tetap dalam keadaan yang sehat dan bugar.
2. Makan makanan yang bergizi
Tubuh kita setiap harinya memerlukan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Saat dalam keadaan pandemi seperti ini, pola makan harus tetap dijaga. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral, vitamin, maka kebutuhan akan gizi kita terpenuhi sehingga bisa mengurangi resiko terkena virus corona.
3. Melakukan kegemaran atau hobi
Otak kita juga memerlukan istirahat sejenak dari beban atau pekerjaan yang berat agar tidak stres. Hal ini bisa kita cegah dengan melakukan kegemaran atau hobi. Misalnya, dengan membaca buku, menulis atau hobi yang lainnya.
4. Bijak dalam menggunakan teknologi komunikasi
Semakin maju teknologi komunikasi saat ini, tentu diirngi dengan semakin banyaknya penyebaran berita hoax.
5. Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk mencegah terjangkit corona. Saat keluar rumah bawalah handsanitazer, tisu basah, dan tisu kering. Biasakanlah cuci tangan sebelum makan.
6. Tetap mematuhi protokol kesehatan
Dalam keadaan pandemi seperti ini, kita harus mematuhi dan menjalankan protocol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, seperti menjaga jarak, menggunakan masker saat keluar rumah.

Kesehatan fisik dan mental wajib kita jaga agar kita terhindar dari resiko terkena virus corona. Dari beberapa cara diatas bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari- hari. Tetap patuhi dan laksanakan protokol kesehatan dari pemerintah dan jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Allah serta berserah diri kepada-Nya.

Pin It
Hits 1466