INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Melatih Diri Menghadapi Era New Normal di Masa Pandemi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Dunia saat ini digemparkan dengan adanya virus covid-19 yang memakan banyak korban jiwa serta menimbulkan banyak kerugian di dunia ini. COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS CoV-2 yang juga sering disebut virus Corona.

Adanya virus ini menimbulkan kerugian besar dalam system perekonomian dan pendidikan seperti menurunnya perekonomian suatu negara dan terbatasnya pendidikan di Indonesia. Sebaran kasus virus corona (covid-19) di Indonesia per Sabtu (17/10/20) yang juga sering disebut virus corona di Indonesia menjadi 357.762 orang.

Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Virus yang menyebabkan COVID-19 terutama ditransmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas. Droplet ini terlalu berat dan tidak bisa bertahan di udara, sehingga dengan cepat jatuh dan menempel pada lantai atau permukaan lainnya.

Akan tetapi sekarang kita di hadapkan dengan era yang biasa disebut dengan “new normal”. New normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional.

Berikut adalah penerapan new normal di masa pandemic ini :
1. Saat harus keluar rumah dan kembali lagi ke rumah
Saat keluar ataupun masuk dalam rumah hendaknya kita
∙ Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah.
∙ Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang kamu gunakan.
∙ Cuci tangan dengan air dan sabun.
∙ Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup.
∙ Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul
2. Sewaktu menggunakan transportasi umum
Saat berpergian dan menaiki transportasi umum hendaknya kita menjaga jarak dari orang lain dan membawa hand sanitizer untuk memutus rantai penyebaran virus corona.
3. Selama bekerja di kantor
Dimulainya new normal akan membuat para karyawan kembali bekerja di kantor secara bertahap setelah beberapa bulan bekerja dari rumah. Nah, agar tetap aman dan terhindar dari virus Corona di tempat kerja, perlu menerapkan pshysical distancing dalam setiap kegiatan di kantor.
Ketika beraktivitas di meja kerja ataupun saat rapat, pastikan jarak antarkursi minimal 1 meter. Bila ada rekan kerja yang duduk dengan jarak kurang dari itu, jangan ragu untuk menegur dan mengingatkannya agar menjaga jarak.
5. Ketika berbelanja online atau memesan makanan online
- Hindari kontak langsung dengan kurir. Bila perlu, kenakan masker saat bertransaksi.
- Upayakan untuk membayar barang belanjaan dengan secara nontunai untuk meminimalkan interaksi dengan kurir.
- Sediakan tempat khusus bagi kurir menaruh barang pesanan, agar kamu tidak
perlu bertemu langsung atau bersentuhan dengan kurir ketika menerima barang. - Buka bungkus paket di luar rumah dan segera buang bungkusnya di tempat sampah atau semprot bungkus paket dengan disinfektan sebelum membawanya masuk ke dalam rumah.
- Untuk makanan, jangan menyemprotkan disinfektan ke bungkusnya. Cukup buka dan buang bungkusnya, lalu pindahkan makanan ke piring. Jangan makan makanan langsung dari wadahnya.
- Setelah membuka kemasan paket barang atau makanan, langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Dari penerapan era new normal ini semoga kita senantiasa dijauhkan dan dihindarkan dari virus covid-19. Tetap jalankan kegiatan menggunakan protokol kesehatan.

Pin It
Hits 1829