INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manfaat Segelas Susu Hangat Sebelum Tidur

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021

Di era yang serba ingar bingar seperti saat ini, kita dituntut untuk serba bisa dan cekatan. Kita dituntut oleh banyak pekerjaan hingga banyak diantara kita yang terlalu sibuk dan tak jarang lupa akan kebutuhan alami sebagai manusia yaitu kebutuhan untuk beristirahat, tidur tentunya.

Banyak dari kita yang menyepelekan soal tidur, padahal tidur sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Gangguan tidur terbukti memiliki hubungan dua arah dengan gangguan mental. Tidur juga sama pentingnya dengan berolahraga teratur dan diet sehat. Tubuh dan pikiran kita tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa tidur. Tidak hanya durasi tidur saja yang harus diperhatikan, kualitas tidur juga harus diperhatikan. Kualitas tidur yang baik akan membuat kita menjadi segar saat bangun keesokan harinya. Salah satu ciri tidur yang berkualitas adalah kontinuitas, yaitu tidur nyenyak tanpa terbangun di tengah malam hingga esok pagi.

Saat bertanya pada orang lain mengenai bagaimana cara agar dapat tidur dengan nyenyak, sebagian dari kita akan mendapat saran untuk menggunakan obat tidur. Tapi apakah cara ini benar benar efektif ?. Jawabannya mungkin iya, tapi pasti akan ada efek samping yang terjadi karena ini bukanlah cara yang alami untuk mengatasi gangguan tidur.

Banyak cara lain yang dapat kita terapkan untuk tidur dengan nyenyak. Salah satunya adalah degan bantuan segelas susu hangat sebelum tidur. Segelas susu hangat sebelum tidur dapat menenangkan sistem saraf karena kandungan kalsiumnya yang bekerja langsung pada saraf dan membuat kita rileks. Susu juga memiliki kandungan lactium yang dapat menenangkan, mengurangi tekanan darah, mengendurkan otot dan mengurangi kadar kortisol, hormon yang dilepaskan saat stress. Susu dapat membantu resepotor otak kita untuk mengendalikan stress dan cemas.

Kandungan susu selanjutnya yang dapat membantu kita untuk tidur dengan nyenyak adalah Triptofan. Triptofan merupakan asam amino yang membantu tubuh memproduksi serotonin. Nah, serotonin inilah yang membuat kita tidur lebih lelap dengan cara membuat melatonin. Selain itu, kandungan lain seperti finilalanin juga dapat membantu tubuh melepaskan hormon bahagia yaitu dopamin. Kali ini rasanya seperti saat kita mendapat ucapan selamat malam dari yang terkasih. Terjaganya kandungan kalsium saat kita mengonsumsi susu juga dapat membuat kita tetap tertidur.

Mengingat manfaat susu yang begitu banyak untuk mendapat kualitas tidur yang baik. rasanya tidak salah jika mulai sekarang kita membudayakan minum segelas susu hangat sebelum tidur. Minum susu sebelum tidur juga dapat membantu kita untuk lebih bertenaga saat terbangun di keesokan harinya.

 

Referensi:

Rafknowlwdge. 2004. Insomnia dan Gangguan Tidur Lainnya. Jakarta: Elex Media Komputindo

Astawan, Made dan Andreas Leomitro Kasih. 2008. Khasiat Warna Warni Makanan. Jakarta: Gramedia (diakses melalui google books)

 

Penulis : Anandaryan Alifianing Sinaga

Pin It
Hits 1878