INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

5 BARANG WAJIB KETKA BEPERGIAN DI ERA NEW NORMAL COVID-19

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021

Covid-19 oleh WHO telah ditetapkan sebagai pandemi. Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Wuhan,China pada akhir Desember 2019 ini telah menewaskan ratusan ribu orang di dunia. Apa sih covid-19 itu?. Covid-19 adalah penyakit pernafasan yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Virus ini bisa menyerang siapa saja seperti orang dewasa, lansia, anak anak, bayi, termasuk ibu hamil dan menyusui. Gejala awal infeksi virus ini menyerupai gejala flu, seperti sakit tenggorokan, demam, batuk ,pilek, dan sakit kepala. Bahkan baru-baru ini ditemukan gejala baru yaitu anosmia.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh seluruh negara yang ada di dunia untuk menekan dan meghetikan penyebaran kasus Covid-19. Jika di beberapa negara menerapkan lockdown,sedangkan pemerintah Indonesia menerapkan PSBB. Beberapa bulan belakangan telah digaungkan bahwa Indonesia telah memasuki era new normal.

Definisi new normal menurut Pemerintah Indonesia adalah tatanan baru untuk beradaptasi pada masa pandemi Covid-19. Dengan diterapkannya new normal, PSBB di Indonesia menjadi lebih longgar.

Nah, di era new normal ini mungkin ada beberapa orang yang mulai bepergian. Tapi jangan sampai melanggar protokol kesehatan. Dalam era new normal ini, ada loh beberapa barang yang wajib dibawa.

1. Masker

Masker menjadi kebutuhan pokok di masa pandemi. Di Indonesia sendiri wajib mengenakan masker ketika keluar rumah. Bahkan sampai ada operasi masker yang sanksinya dapat berupa sanksi sosial maupun sanksi uang. Jangan lupa juga selalu sediakan masker cadangan ketika bepergian.

2. Handsanitizer

Handsanitizer ini bisa menjadi ganti dari cuci tangan dengan sabun. Tetapi jika ada tempat yang menyediakan tempat cuci tangan, lebih baik cuci tangan dengan sabun. Handsanitizer ini untuk antisipasi saja.

3. Alat makan dan botol minum

Jika kita bepergian biasanya sekaligus wisata kuliner bukan? Nah sebaiknya ketika kita makan di luar setidaknya membawa alat makan sendiri, karena kita tidak tahu kebersihan pada alat makan di tempat yang kita kunjungi.

4. Tisu

Jangan lupa juga untuk membawa tisu, baik itu tisu kering maupun tisu basah antiseptik.

5. Peralatan ibadah

Menggunakan peralatan ibadah sendiri di era new normal adalah pilihan yang lebih baik. Jangan lupa membawa 5 barang di atas pada era new normal ini. Serta jangan lupa menerapkan 3M yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

Penulis : Duwi Adinda Prastiwi

Pin It
Hits 685