INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Menenangkan Pikiran agar Bebas Stress

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Sebagai mahasiswa apalagi mahasiswa baru pasti kita menghadapi beragam masalah seperti tugas ospek, tugas kuliah, tugas magang, ataupun tekanan dari kakak tingkat kalian yang dapat memenuhi pikiran. Kalian mungkin tak tahu mana yang harus dikerjakan sehingga rentan mengabaikan tugas. Oleh karena itu, saya akan memberikan tips cara menenangkan pikiran perlu diterapkan. Ada banyak cara menenangkan pikiran, dari yang paling sederhana sampai yang membutuhkan komitmen diri untuk menjalaninya. Nah berikut adalah caranya :
1. Keluar rumah
Kalian bisa mencoba menenangkan pikiran dengan keluar rumah seperti hang out di kedai kopi. Jika kalian malu untuk pergi sendiri, kalian bisa mengajak teman atau saudara kalian.
2. Membantu orang lain
Apabila rutinitas harian mulai membuat pikiran kalian tak tenang, cobalah alihkan perhatian dengan membantu orang lain. Orang yang dibantu dapat dimulai dengan yang paling dekat, termasuk teman dan keluarga. Selain membantu teman dan orang terdekat, kalian juga bisa membantu orang lain di luar lingkar pertemanan.
3. Berolahraga
Pasti kalian sudah sering mendengar tips ini. Namun, berolahraga memang menjadi cara menenangkan pikiran yang bisa dilakukan. Para ahli menyebutkan, orang yang rutin berolahraga memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kecemasan dalam pikiran. Ada beberapa alasan yang membuat olahraga membantu menenangkan pikiran. Pertama, olahraga dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang menjadi hormon stres. Kedua, olahraga dapat merangsang tubuh melepaskan endorfin, senyawa kimiawi yang membantu memperbaiki mood. Selain itu, olahraga juga memperbaiki kualitas tidur serta meningkatkan kepercayaan diri. Kalian bisa meimilih mau olahraga seperti apa, contohnya jogging, senam, renang, dll.
4. Menggunakan minyak aroma terapi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak aroma terapi dapat meringankan rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk aplikasinya, kalian dapat memasukkan minyak atsiri ke dalam diffuser yang telah diisi air. Kemudian, biarkan aroma harum minyak atsiri memenuhi ruangan kamar.
5. Tidak menunda tugas
Menunda pekerjaan bisa menjadi pemicu stres dan pikiran yang terus bergejolak.Untuk mengawalinya, buatlah daftar tugas yang harus diselesaikan berdasarkan prioritas dan berkomitmen untuk tidak menundanya. Kemudian, kalian harus menetukan tenggat waktu yang sesuai dan mulailah kerjakan tugas tersebut.
6. Mengikuti kelas yoga
Yoga telah menjadi metode dan cara menenangkan pikiran yang populer. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat memperbaiki mood, yang sama efektinya dengan obat antidepresan untuk penanganan depresi. Manfaat yoga untuk ketenangan pikiran ini diyakini berkaitan dengan efeknya terhadap sistem saraf dan respons stres. Kegiatan ini disebut ahli juga dapat menurunkan kadar hormon stres, tekanan darah, dan detak jantung.
7. Jangan berpikiran negative
Saat dilanda cemas, pikiran negative yang muncul dalam benak akan mengacaukan pikiran. Usahakan untuk mencoba mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik favorit, berlibur, membaca buku, memasak, atau melakukan hobi lainnya.
8. Curhat kepada teman yang dipercaya atau menulis diary
Jika kalian mengalami suatu masalah atau perasaan yang gelisah kalian bisa cerita kepada teman yang kalian percayai. Karena dengan bercerita perasaan kita bisa lega atau mengurangi beban tersebut. Namun jika kalian tidak berani cerita kepada orang lain, tulislah di dairy kalian saja.

Pin It
Hits 1646