INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kesehatan Mental Penting Untuk Dijaga Selama Pandemi

  • By
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 737

Wabah Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi juga mengancam kesehatan mental banyak orang. Bayangkan per 21 Agustus 2020, penyakit ini telah menyebabkan 6.500 kematian di Indonesia, yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat luas. Karenanya, tak heran jika banyak orang menemui gangguan jiwa pada penyakit pandemi akibat virus corona baru. Emosi, stres, kecemasan yang berlebihan, depresi, dan lain-lain dewasa ini dengan mudah menimbulkan beberapa gangguan jiwa yang sering muncul dewasa ini. Kecemasan dan penyakit jiwa akan menyebabkan ketidakseimbangan otak, yang selanjutnya menyebabkan penyakit jiwa yang disebut juga penyakit psikosomatis.

Ketika seseorang mengalami gejala psikosomatis, meskipun suhunya normal, ia tetap akan merasakan gejala seperti Covid-19, yaitu demam, pusing, atau sakit tenggorokan. Maret lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau semua orang untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari ketidaknyamanan fisik akibat stres. Karena ketika seseorang sedang stres maka sistem imun di dalam tubuhnya akan menurun. Ini akan membuat tubuh mudah terserang penyakit. Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan banyak cara, Singkatnya, perawatan diri merupakan kegiatan yang dapat menambah dan menambah energi dalam tubuh, sehingga Anda dapat bekerja dengan normal baik lahir maupun batin.

Perhatian yang tepat pada perawatan diri dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan Anda, karena perawatan diri adalah bagian dari “self love”.

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar hidup yang kita jalani seimbang:
1. Memperhatikan lingkungan sekitar
Dari kebersihan hingga orang-orang sekitar, Anda harus memperhatikan lingkungan tempat Anda tinggal sekarang. Hidup adalah cerminan Anda sendiri, kembangkan kebiasaan selalu menjaga kebersihan agar bisa menciptakan suasana nyaman di dalam rumah untuk menghadapi kuatnya suasana di luar rumah. Perhatikan orang-orang di sekitar Anda dan bertemanlah dengan siapa pun, tetapi jauhi orang-orang yang beracun dan tidak mendukung Anda, karena ini akan mengurangi perawatan diri Anda.
2. Menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat
Bagi yang sedang dalam perjalanan, usahakan untuk tetap berhubungan dengan orang- orang terdekat yaitu keluarga Anda, terutama orang tua dan teman dekat, karena mereka akan selalu memberikan dukungan saat Anda merasa tidak enak.
3. Manajemen Stres
Mulailah untuk bisa mengendalikan diri melalui manajemen stres. Ini sangat penting untuk meningkatkan perawatan diri Anda sendiri. Mengurangi stres dapat dilakukan dengan menuliskan semua kecemasan atau kesedihan Anda, menangis, mendengarkan lagu, bercerita dengan orang yang tepat, dan melakukan aktivitas favorit Anda. Terakhir, jangan lupa untuk selalu berdoa dan bersyukur.
4. Mencapai keseimbangan fisik
Keseimbangan tubuh di sini ibarat memperhatikan pola makan, memperhatikan waktu istirahat, berusaha mengurangi begadang saat tidak dibutuhkan, dan mengimbangi keseimbangan antara olahraga dan kesibukan.
5. Luangkan waktu sendiri
Cobalah mulai sekarang dan luangkan waktu untuk melakukan semuanya sendiri, dimulai dengan membaca, menonton film favorit, berolahraga, jalan-jalan, dll., Tanpa mengundang teman, lalu diam. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk berdebat dan mencapai konsensus, karena Anda dapat melakukan semuanya sendiri, sepenuhnya di bawah kendali Anda. Ini adalah cara bagi Anda untuk lebih memahami dan mencintai diri sendiri.

Pin It
Hits 496