INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

PCOS, WANITA BERJENGGOT?

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 30 March 2021

Sudah lewat tanggalnya tapi kok belum menstruasi juga ya?

Untuk para perempuan pasti pernah kan menyebutkan hal yang sama dengan kalimat di atas? Jika frekuensi telatnya jarang, masih tergolong aman. Tapi bagaimana kalau frekuensinya sangat sering, atau bahkan menstruasinya datang 6 bulan sekali? Wah, hati-hati nih girls kali aja kalian sedang mengalami PCOS. Apa itu PCOS? Simak penjelasan di bawah ini.

Polycystic ovary syndrome atau PCOS adalah kelainan hormonal yang sering terjadi pada remaja putri. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala berupa gangguan menstruasi di masa pubertas. PCOS ini adalah gangguan yang membuat sel telur tidak bisa dilepaskan, kadar hormon androgen menjadi berlebih, dan kista muncul dalam jumlah yang banyak di dalam ovarium. Sampai saat ini belum ditemukan penyebab gangguan PCOS ini. Namun diduga terjadi karena gangguan fungsi insulin, ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron, serta faktor genetik.

Jika tidak diobati, PCOS pada remaja putri akan mengakibatkan gangguan kesuburan dan beragam penyakit lainnya. PCOS beresiko menimbulkan gangguan kecemasan atau depresi, hingga penyakit jantung dan kanker rahim. PCOS juga dapat menimbulkan jerawat yang parah serta tumbuhnya kumis, jenggot, atau bulu dada pada wanita (hirsutisme).

Wahh, ngeri banget, kan? Tapi tenang, karena ada pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, di bawah ini akan tertera apa saja yang bisa mengurangi resiko mengidap PCOS.

Kiat mengurangi resiko mengidap PCOS hanya satu, menjalani gaya hidup yang sehat. Mungkin semua orang berpikiran bahwa ini adalah hal yang sangat mudah tapi bisa dibuktikan bahwa ini adalah kiat yang selalu ada di setiap penyakit.

1. Say ‘No’ to Fast Food!

2. Hindari Gula

3. Tinggalkan Alkohol

4. Kurangi Garam

5. Olahraga

Semoga artikel ini dapat membantu semua pembaca. Tetap hidup sehat karena kesehatan itu mahal.

Sumber :

https://www.alodokter.com/pcos-pada-remaja-serta-pengobatannya

https://m.medcom.id/rona/kesehatan/5b27wY2k-4-cara-cegah-penyakit-pcos

Penulis : Rhisma Ayunda M.P

Pin It
Hits 1480